Tanya Dokter

  • Biaya pemeriksaan penyakit kelamin.

  •  Vano
    Anggota

    Malam dokter, saya mau nanya. Untuk biaya pemeriksaan kelamin berapa ya biasanya ? Kemudian tempat pemeriksaannya Dimana saja ya dokter ? Apa bisa d semua rumah sakit ?. Terimakasih.

    Dear Vano, Penyakit kelamin atau penyakit menular seksual merupakan penyakit yang menular lewat hubungan seksual tanpa pengaman. Selain melalui hubungan seksual lewat vaginal, penyakit ini juga bisa menular lewat hubungan seksual anal ataupun oral. Jenis penyakit menular seksual juga bervariasi, seperti:

    Anda dapat melakukan pemeriksaan penyakit menular seksual di rumah sakit-rumah sakit terdekat, klinik, atau puskesmas. Diagnosis penyakit menular seksual ditegakkan melalui penelusuran riwayat gejala dan pemeriksaan fisik secara langsung. Pemeriksaan penunjang seperti analisis laboratorium terhadap cairan dari kelamin tidak merupakan keharusan dalam diagnosis. Jika memang diperlukan pemeriksaan ini, dokter akan menganjurkan pemeriksaan penunjang ini di tempat lain jika tidak ada fasilitas laboratorium di tempat prakteknya. Dokter akan memberikan terapi yang sesuai dengan diagnosis. Untuk biaya, bervariasi antara satu tempat dengan tempat yang lainnya. Silahkan Anda mengunjungi fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan awal. Berikut laman yang dapat Anda baca: Penyakit menular seksual Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya