Tanya Dokter

  • Bibir hitam pada bayi

  • Dok saya punya bayi umur 11d, bibir pada bayi saya d bagian dalamnya menghitam,apakah itu berbahaya dok?

    Halo Kikie Rinanda Zulyan, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Bibir bayi yang tampak kehitaman atau kebiruan mungkin disebabkan oleh kondisi sianosis pada bayi. Sianosis mengindikasikan adanya penurunan kadar oksigen yang berikatan dengan sel darah merah dalam sistem peredarahan darah. Terdapat 2 jenis sianosis, sianosis perifer dan sianosis sentral. Sianosis perifer adalah warna kehitaman/kebiruan/keunguan pada ujung jari atau telapak tangan dan kaki. Sementara itu pada sianosis sentral, kebiruan juga dapat ditemukan pada wajah, bibir, lidah, atau pada seluruh tubuh.

    Sianosis perifer bisa disebabkan karena hal-hal yang normal dan cenderung tidak berbahaya misalnya sistem peredarahan darah yang belum berkembang sempurna pada bayi, suhu yang dingin, bayi yang menangis terlalu kencang, namun bisa juga disebabkan karena kejang ataupun kondisi syok.

    Sianosis sentral bukanlah hal yang normal terjadi dan biasanya disebabkan karena penyakit tertentu. Berikut ini adalah beberapa penyebab sianosis sentral:

    1. Gangguan paru dan jalan nafas
    2. Gangguan pada jantung, seperti bocor pada sekat jantung
    3. Gangguan pada sistem pembuluh darah, misalnya karena koneksi pembuluh darah yang abnormal antara jantung dan paru, sumbatan pada pembuluh darah
    4. Penumpukan cairan di paru, salah satunya karena gagal jantung kongestif
    5. Gangguan pada hemoglobin darah, yang menyebabkan sel darah merah tidak dapat mengikat oksigen dengan baik

     

    Sebaiknya anda segera membawa dan memeriksakan bayi anda ke dokter anak untuk mendapat pemeriksaan dan tata laksana lebih lanjut. Pemeriksaan yang mungkin dilakukan oleh dokter antara lain pemeriksaan darah, analisis gas darah, rontgen dada, echocardiography atau USG jantung, serta pemeriksaan genetik bila dicurigai sianosis disebabkan karena kelainan genetik tertentu. Tata laksananya akan disesuaikan dengan hasil temuan.

    Segera bawa bayi anda ke dokter bila:

    1. Bayi anda mengalami gangguan pernafasan dan tampak sesak nafas
    2. Terdapat gangguan minum
    3. Terdapat gangguan kesadaran
    4. Bayi tampak sangat sakit
    5. Bayi tampak lunglai

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia