Tanya Dokter

  • Solusi atasi bibir kering, pecah-pecah dan hitam

  •  Vella Zattira
    Anggota
    Saya vella 17tahun.januari 2013 saya. Di vonis lemah jantung. Menyebabkan saya harus mengurangi aktivitas. Sejak saat itu saya sering mengalami komplikasi. Ringan seperti alergi disertai batuk. Bibir saya mulai menghitam. Sakit atau tidak sakit bibir. Saya tetap kering. Pecah2. Dann hitam. Bagaimana. Solusinyya. Padahal saya minum air sesuai yang dianjurkan bahkan lebih saya juga lengkapi nutrisi tapi bibir saya tetap begitu. Lipbalm termahal pun yang katanya bagus tapi di bibir saya ga bberfunngsi. Solusinya dokter

    Halo Vella.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, berikut ini beberapa hal yang umumnya dapat menyebabkan timbulnya bibir kering, diantaranya adalah : sering menjilat bibir, penggunaan Lipstick yang berjenis matte, bibir selalu terkena sinar matahari, menggunakan pelembab bibir dengan rasa, mengelupas kulit bibir.

    Berikut ini beberapa hal yang dapat mencegah timbulnya bibir kering, diantaranya adalah : minum air putih minimal 2 liter perhari, menggunakan tombak bibir yang berbahan petrolium atau beeswax --- oleskan setiap hari dan sebelum tidur, gunakan produk bibir yang mengandung pelindung matahari atau SPF.

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas bibir masih saja terasa kering, maka kami menyarankan segera menemui dokter spesialis penyakit kulit, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkain penanganan lebih lanjut.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati