Tanya Dokter

  • Bibir pecah2 dan kering terus menerus

  •  Kikiki
    Anggota
    Halo dokter, saya mengalami bibir pecah dan kering yg terus terusan,dan agak pucat dok, walaupun sudah byk minum air,kalau minum air malah sering buang air kecil ,bagaimana cara mengatasinya ya dok dan apa yang harus saya hindarkan ,terimakasih dokter

    Halo Kikiki.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui sebelumnya bahwa dibandingkan dengan bagian tubuh yang lainnya, manusia kehilangan cairan tubuh 10 kali lebih cepat melalui bibir. Hal ini terjadi karena bibir hanya memiliki lapisan kulit tipis, akhirnya membuatnya lebih cepat kering dibandingkan bagian lain pada wajah.

    Saat bibir kehilangan kelembapan, kulit bibir menjadi berkerut dan berpermukaan keras, akhirnya mengalami pecah - pecah. Akan tetapi sebenarnya bibir kering dapat diatasi dengan mudah asalkan Anda tahu apa penyebabnya dan cara mengatasinya.

    Bibir kering terjadi paling sering disebabkan oleh karena cuaca yang terlalu dingin, kering, atau berangin. Bibir kering juga dapat disebabkan oleh karena seringnya bibir terekspos sinar matahari, udara di dalam ruangan yang memiliki kelembapan rendah, dan kekurangan gizi atau nutrisi pada tubuh.

    Berikut ini beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi bibir kering, diantaranya adalah : oleskan lipbalm yang mengandung Petroleum atau beewax sebelum keluar rumah, minum air putih minimal 2 Liter perhari, hindari menjilat bibir, jangan cabut kulit bibir selalu bernafas melalui hidung, jangan menggonta-ganti Lipstik terutama yang bersifat matte.

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas kondisi bibir Anda masih saja tetap kering dan semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis penyakit kulit terlebih dahulu, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    BIBIR KERING

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati