Tanya Dokter

  • Bibir kebiruan disertai kulit mengelupas

  •  Hesty amalia
    Anggota
    selamat malam dok, sy dgn hesti saya mau menanyakan perihal bibir yang tiba2 menjadi warna biru, jadi seperti ini dok kronologis nya : ketika saya bangun tidur, saya merasa kan bibir saya terasa perih dan diatas bibir nya terasa kaya ada kulit bibir yang terkelupas serta terasa tebal dan ini terjadi dibagian bibir atas saja, kemudian saat itu juga saya lngsung minum segelas air putih dan ketika selesai minum jadi semakin terasa perih dan sangat gatal, kemudian saya berkaca ternyata bibir saya bengkak dan berwarna biru seperti luka habis jatuh/ bonyok. saya mau nanya itu knp ya dok, saya sudah mengalami ini selama >3 hr dan semakin hr semakun melebar warna biru nya, pakah ini disebabkan karena gigitan seranggga atau apa ya dok, mohon info dan saran nya untuk penyembuhan nya. terima kasih.

    Halo Hesti, terima kasih atas pertanyaannya. Bibir kebiruan disertai kulit mengelupas bisa disebabkan oleh :

    Bibir kebiruan disertai kulit mengelupas patut dicurigai adanya sindroma Stevens-Johnson. Sindroma Stevens-Johnson merupakan suatu kegawatdaruratan pada kulit. Pada sindroma ini terjadi peradangan pada seluruh membran mukosa. Membran mukosa adalah lapisan pada permukaan saluran pencernaan. Sindroma ini biasanya dipicu oleh adanya alergi pada obat-obatan tertentu atau dicetuskan oleh adanya infeksi dalam tubuh. Biasanya gejala dari sindroma ini diawali dengan gejala-gejala flu-like syndrome, atau gejala mirip dengan infeksi saluran pernapasan atas. Dalam beberapa hari gejala akan berubah dengan munculnya warna kebiruan atau keunguan pada mukosa disertai adanya keropeng. 

    Sindroma Stevens-Johnson merupakan suatu kegawatdaruratan yang perlu ditangani dengan segera. Sebaiknya Anda segera menemui dokter terdekat untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut apakah penyebab dari keluhan yang Anda alami. Apabila dibiarkan Sindroma Stevens-Johnson dapat menyebabkan gangguan permanen pada berbagai organ tubuh. 

    Semoga bermanfaat,

    dr. Anissa