Tanya Dokter

  • Bibir vagina kiri besar sebelah

  • Hallo dok,saya kaget setelah saya mengetahui bahwa bibir vagina saya besar sebelah.. Disebelah kiri.. Ketika saya sedang sekolah rasa gatal terus saja mengganggu.. Saya khawatir ini akan menjadi serius.. Lalu saya harus bagaimana dok? Umur saya 11 thn. Saya belum mengalami Haid. Tapi seringkali keputihan.. Kadang banyak, kadang sedikit dok. Tapi keputihan nya saya liat normal normal saja dok. Trs bagaimana dok ?

    Halo Shakila.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami dengan keluhan utama berupa pembengkakan pada bibir vagina disertai dengan rasa gatal, dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, diantaranya adalah : kebersihan organ intim yang kurang terjaga, iritasi atau alergi akibat bahan celana dalam/ sabun/ lotion/ pembersih Kewanitaan, kebiasaan menggunakan celana dalam yang terlalu ketat, infeksi jamur, infeksi bakteri, dan lain sebagainya.

    Kami menyarankan segeralah memberitahukan masalah ini kepada orang tua Anda, dan mengajak orang tua Anda untuk menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, pakai celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun, ganti celana dalam yang bersih setiap harinya, hindari mengaplikasikan bahan - bahan kimia tertentu ke organ intim seperti bedak / lotion/ deodoran / parfum/ sabun Kewanitaan yang berbau wangi.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati