Tanya Dokter

  • sering bicara sendiri sejak kecil

  • Dok, saya resti 20thn Saya mau nanya dok, saya seringkali berbicara sendiri dan membayangkan seakan2 lawan bicara saya ada, padahal saya lagi sendiri. Saya seakan2 membuat skenario lalu kemudian berbicara sendiri. Itu sudah terjadi sejak saya kecil dok. Saya memang termasuk orang yng suka menyendiri. Jadi supaya saya tdk merasa kesepian, saya mulai bicara sendiri dan membayangkan lawan bicara saya ada. Apakah itu termasuk gangguan jiwa dok ?

    Halo, Gangguan kejiwaan ada banyak macamnya dan untuk mengetahui apakah seseorang memiliki gangguan kejiwaan perlu dilakukan pemeriksaan secara menyeluruh dan mendalam yang dilakukan oleh dokter ahli jiwa/psikiater atau psikolog. Pemeriksaan langsung akan membantu psikiater atau psikolog untuk menentukan apakah anda benar mengalami gangguan kesehatan mental atau tidak. Psikiater atau psikolog perlu melakukan pemeriksaan fisik langsung, melakukan anamnesa (tanya jawab dengan pasien dan keluarga terdekat), memeriksa riwayat kesehatan, hingga jika diperlukan melakukan pemeriksaan penunjang seperti tes darah, CT-Scan, MRI, dsb. Ada banyak sekali penyebab dari munculnya gangguan pada kesehatan mental, seperti:

    • pernah mengalami kejadian traumatis
    • menjalani kehidupan yang penuh tekanan
    • memiliki sedikit atau tidak punya teman
    • adanya kerusakan pada otak
    • pernah mengalami gangguan kesehatan lain
    • dll
    Ketika kesehatan mental seseorang terganggu, maka ada gangguan dari suasana hati, pikiran, dan tidak terkendalinya emosi yang bisa menyebabkan masalah dalam kehidupan seperti tidak produktif dalam belajar, sulit berkonsentrasi, interaksi dengan orang lain terganggu, sulit untuk menjalin relasi dengan orang lain, dsb. Jika anda merasa mengalami hal-hal itu, segera konsultasi ke psikiater atau psikolog agar kondisi anda tidak semakin memburuk. Untuk meningkatkan kualitas hidup, anda dapat melakukan beberapa hal seperti:
    • berpikiran positif
    • jika memungkinkan aktif di kegiatan sosial
    • menyediakan waktu untuk melakukan refleksi dan relaksasi
    • olahraga rutin yang ringan dan menyenangkan seperti yoga atau jogging
    • melakukan meditasi
    • menuliskan hasil pemikiran anda di dalam jurnal / buku harian
    Semoga membantu, dr. Theresia

    Memang benar dok, saya menjalani kehidupan yng penuh tekanan, saya juga tdk punya teman untuk di ajak bicara, saya juga jauh dari keluarga. Yang saya takutkan dok jika ini terus berlanjut akan berbahaya bagi kejiwaan saya. Krn beberapa kali saya mencoba untuk menghilangkan kebiasaan aneh saya itu, tapi sangat sulit dok.