Tanya Dokter

  • bahaya konsumsi obat biduran jangka panjang

  •  elisabeth
    Anggota

    Dok, saya sudah sebulan muncul biduran tiap pagi krn suhu udara dingin. Sy sdh pakai jaket dll utk antisipasi namun masih tetap jg. Bagaimana cara menuntaskannya. Saya sdh minum obat anti histamin namun esoknya masih tetap jg. Yg ingin saya ty kan 1. Apakah berbahaya jika obat2an tersebut saya konsumsi jk panjang 2. Adakah cara lain utk mengatasi sehingga biduran ini tdk kambuh lagi. Krn saya merasa sdh sangat mengganggu aktivitas saya setiap hari. Terima kasih dokter.

    Hai, Penggunaan Antihistamin hingga saat ini dianggap aman untuk dikonsumsi jangka panjang ( diawasi setiap 3-6 bulan) asalkan sesuai dengan aturan penggunaan yang dianjurkan. Namun perhatikan efek samping obat yang bisa timbul seperti :

    1. Kekeringan pada mulut
    2. Retensi Urin
    3. Pusing
    4. Mengantuk
    5. Penglihatan kabur
    6. Mimpi buruk
    7. Sakit perut
    8. gelisah/ agitasi
    9. terjadi peningkatan ambang toleransi hingga dibutuhkan dosis yang lebih tinggi.
    10. dll
    Penggunaan antihistamin jangka panjang sebaiknya dihindari karena hal ini hanya menekan gejala tapi tidak mengobati penyebab yang mendasarinya. Sebaiknya periksakan diri Anda ke dokter dan cari penyebab yang mendasari alergi Anda. Lakukan tes alergi jika perlu. Jika memang Anda alergi terhadap cuaca dingin sebaiknya pertimbangkan untuk pindah ke daerah dengan suhu yang lebih hangat . http://www.alodokter.com/biduran/pengobatan/ Anda bisa mencoba langkah pencegahan seperti:
    1. tidur dengan selimut tebal dan hangat.
    2. hindari penggunaan AC dan kipas Angin
    3. Minum Air hangat
    4. Memakai pakaian yang cukup tebal bahkan bila sedang tidur.
    5. Mandi dengan air suam kuku.
    6. Hindari menggaruk daerah yang terasa gatal
    Semoga membantu.   dr. Yusi