Tanya Dokter

  • Kemungkinan persalinan normal setelah sebelumnya operasi caesar

  •  renaa sarah
    Anggota
    Selamat sore dok.. Saya saat ini sedang hamil anak ke 2 ..usia kehamilan saya 35 mnggu ... Waktu persalinan anak pertama saya melahirkan dengan cara ceasar.. Anak ke 2 saya sekarang sudah berusia 7 tahun . Kira-kira apa saya bisa melahirkan secara normal??karena banyak yang bilang kalo melahirkan pertama ceasar..selanjutnya akan di ceasar terus.. Apa ada kiat-kiat tertentu yg bisa memungkin kan saya melahirkan normal?? Demikian pertanyaan saya dok..terima kasih

    Terima kasih atas pertanyaannya, 

    Operasi caesar adalah operasi yang dilakukan dengan melakukan sayatan pada perut dan rahim untuk mengeluarkan bayi. Operasi ini dilakukan pada kondisi-kondisi yang tidak memungkinkannya dilakukan persalinan melalui vagina. Kondisinya bisa bermacam-macam, bisa akibat panggul yang sempit,bayi yang besar (di atas 4 kg), adanya penyulit saat kehamilan seperti preeklamsia (tekanan darah tinggi saat kehamilan), eklamsia (kejang saat kehamilan), adanya perdarahan akibat ari-ari (plasenta) yang menutupi jalan lahir, persalinan di usia lebih dari 42 minggu, kontraksi rahim yang tidak baik, posisi bayi sungsang atau kepala tidak berada di bawah, ibu memiliki penyakit jantung, inu terinfeksi HIV, dll. Jadi, sebaiknya Anda mengetahui dulu alasan kenapa dulu Anda menjalani operasi caesar. Jika akibat panggul yang terlalu sempit sehingga tidak memungkinkan bayi untuk keluar dengan persalinan melalui vagina maka Anda dianjurkan untuk melakukan caesar kembali. Namun, jika kondisi panggul Anda baik dan tidak ada penyulit saat kehamilan seperti yang disebutkan di atas, maka Anda bisa melahirkan secara normal.  Anda juga sebaiknya memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan untuk mengetahui lebih lanjut mengenai apakah Anda bisa melahirkan secara normal.

    Kiat-kiat agar dapat melahirkan secara normal : 

    1. Kontrol teratur ke dokter untuk megetahui perkembangan janin, letak kepala dan ari-ari, beratnya, dan untuk mengetahui apakah Anda memiliki penyulit untuk melahirkan secara normal. 

    2. Motivasi diri Anda agar bisa melahirkan normal. 

    3. Jaga kesehatan Anda dengan makan makanan yang bergizi dan seimbang, istirahat yang cukup 7-8 jam sehari, serta minum air putih 2,5 L per hari, rutin mengonsumsi vitamin terutama tablet besi agar terhindar dari anemia. 

    4. Jaga kebersihan vagina karena infeksi pada daerah vagina juga dapat menjadi penyulit persalinan normal

    Semoga membantu

    Salam, 

    dr.Angga