Tanya Dokter

  • bila terangsang sperma dan urine bercampur darah

  • malam dokter.mau tanya lagi,begini dok,kenapa setelah terangsang saya tiap kencing slalu ada darah segar dan kental di urine saya,tapi saya nggak sampai mengeluarkan sperma tapi bila sperma sampai keluar pasti disertai darah.tapi urine slalu bercampur darah yang beku dan encer,setelah kencing saluran kencing pada alat kelamin terasa panas,tapi bila tidak terangsang urine keluar normal atau biasa saja dok. Dan bila mau hubungan intim saya takut banget bila istri saya akan tertular penyakit apa ini dok. Apakah infeksi kemih ataukah ginjal bisakah diobati atau dg jalan operasi? Apakah 100% bisa disembuhkan dan seberapa besar bahayanya dok? Tolong saya beri penjelasan dan makanan apa yg dilarang .oh iya dok saya juga punya gejala ambien dok. Saya tunggu jawabanya dok,trimakasih.

    Hai,   Sperma yang bercampur darah atau dikenal dengan nama hematospermia dalam dunia kedokteran biasanya akan mengejutkan pria yang mengalaminya. Karena normalnya cairan semen / sperma adalah berwarna putih seperti susu. Penyebab hematospermia cukup bervariasi diantaranya yaitu :

    1. Peradangan pada prostat dan vesikula seminalis = biasa sembuh spontan dalam beberapa minggu.
    2. Infeski TBC
    3. Infeksi pada saluran kemih seperti infeksi chlamidia, trikomonas dll
    4. Kanker prostat
    5. Penyakit hati kronis
    6. Batu di prostat
    7. Polip uretra
    8. Metastasis kanker
    9. Trauma pada saluran genital
    10. dll
    Karena beragamnya penyebab, maka sangat disarankan untuk Anda memeriksakan diri ke dokter urologi terdekat. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan melakukan pemeriksaan lain seperti tes urine, tes darah, Sistoskopi, USG, CT SCAN, dan MRI jika perlu. Penanganan akan disesuaikan dengan indikasi medis penyebab dari keluhan Anda. Jika keluhan Anda disebabkan karena infeksi seperti chlamidia dll maka pengobatan dengan antibiotik akan mampu menghilangkan gejala yang Anda alami. Untuk mencegah timbulnya komplikasi ke istri Anda maka sangat disarankan agar Anda menggunakan kondom saat berhubungan intim, selain untuk fungsi perlindungan, penggunaan kondom juga bisa menjadi alat diagnostik untuk melihat apakah darah yang Anda keluhkan ada bersama sperma Anda berasal dari dalam saluran kelamin Anda atau berasal dari saluran kelamin istri. Tidak ada pantangan makanan pada kasus Anda. Baca artikel Hematospermia di SINI. Semoga membantu.   dr. Yusi