Tanya Dokter

  • bimbang karena tidak kunjung hamil

  •  Channa Khanna
    Anggota

    Doc , aku agak bimbang pada haid aku kedua ini kali ini (bulan yg sama ) mei . Haid aku yg pertama kali 2 mei dan berakhir pada 7 mei , haid kedua 25 mei dan aku sangka hanya 4 hari , tapi pada hari ini aku kaget kelihatan darah dkat pantyliner aku , pada hal semalam uda ngak ada darah lagi keluar . Apa mungkin sebab aku mendadak minum air yg sejuk dan soda ? Apa aku bisa hamil doc ? Gimana caranya agar aku bisa hamil cepat ?

    Hai Belum ada data yang membuktikan adanya hubungan konsumsi air dingin dan soda dengan terjadinya haid. Haid disebabkan oleh keseimbangan hormonal wanita seperti estrogen dan progesteron dan menyebabkan "runtuhnya" dinding rahim yang keluar dalam bentuk darah haid. Untuk mendeteksi kesuburan pada wanita diperlukan pemeriksaan antara lain:

    • USG. Untuk melihat apakah ada kelainan pada rahim dan indung telur
    • HSG (histerosalpingografi). Untuk melihat saluran indung telur apakah ada sumbatan atau tidak
    • dan pemeriksaan hormonal.
    Sedangkan pada pria juga dapat dilakukan pemeriksaan kesuburan dengan cara analisa sperma. Untuk hamil cepat, cara paling mudah dilakukan adalah dengan berhubungan intim saat masa subur, dimana terjadinya pelepasan sel telur. Dan juga menjaga kesehatan baik pria atau wanita dengan cara istirahat cukup, konsumsi makanan bergizi dan sehat seperti buah dan sayur, olahraga rutin, tidak merokok atau konsumsi alkohol. Mengenai cara cepat hamil dapat Anda baca pada artikel dibawah ini: Tips jitu cara cepat hamil. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william