Tanya Dokter

  • Penyebab susah sosialisasi, sering menyendiri, gelisah dan takut

  •  Risandro
    Anggota
    Selamat malam daok, saya ingin bertanya. Hampir setahun ini saya sering sekali menyendiri, susah bersosialisasi, berdiam diri, pada saat ngomong sama orang terkadang saya tidak nyambung, kepala saya sering terasa berat bila menyimak perkataan orang (pusing), susah fokus, mata saya belakangan jadi rabun, suasana hati saya sering gelisah ga karuan dok, merasa takut. Mohon beri saya saran dok, Terima Kasih

    Halo Risandro.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Kondisi yang Anda alami saat ini kemungkinan mengarah ke yang dalam dunia medis disebut sebagai gangguan kecemasan, dimana merupakan suatu keadaan psikologis ketika seseorang mengalami rasa cemas atau takut berlebihan yang konstan dan sulit dikendalikan, sehingga berdampak buruk terhadap kehidupan sehari-hari.

    Selain hal yang telah disebutkan diatas, umumnya gejala - gejala lain yang dapat muncul pada penderita gangguan kecemasan, diantaranya adalah : berkurangnya rasa percaya diri, sulit tidur, menjadi mudah marah, jantung berdebar, stress, sesak nafas, sulit berkonsentrasi, sakit perut atau kepala, menjadi penyendiri, pusing.

    Oleh karena hal ini sudah Anda alami selama kurang lebih satu tahun, dan apabila hal ini sudah mengganggu aktivitas Anda sehari-hari, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter spesialis kesehatan jiwa Atau psikiater, agar dapat dilakukan serangkaian penanganan lebih lanjut.

    Apabila memang Anda Mengalami gangguan kecemasan, umumnya dokter akan memberikan penanganan meliputi pemberian obat - obatan antiansietas atau anti cemas, serta terapi kognitif.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati