Tanya Dokter

  • Penyebab sering terlambat datang bulan

  • Dok kenapa saya sering telat datang bulan, kadang 3hln skrng udh 4 bulan tidak datang bulan. Udah periksa trus di ronsem Katanya tidak apa” trus di kasih obat Tapi masih aja blum juga datang bulan?

    Terima kasih MahmudahQueen DuaTujuh atas pertanyaannya di forum Alodokter, tidak mengalami menstruasi terkadang dapat disebut juga dengan istilah amenore. Amenore ini memiliki 2 tipe, yaitu amenore primer dan amenore sekunder. Dimana pada amenore primer biasanya seorang wanita belum mendapatkan menstruasi setelah usia 16 tahun, sedangkan amenore sekunder adalah wanita yang sudah mengalami menstruasi namun terhenti setidaknya selama 3 bulan. Dimana kondisi amenore dapat disebabkan oleh beberapa keadaan seperti:
    - kondisi stress
    - kelebihan olahraga
    - mengonsumsi obat-obatan tertentu
    - mengalami kehamilan
    - memiliki gangguan tertentu seperti tumor

    Kondisi amenore ini biasanya disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormon di dalam tubuh dimana kondisi ini dapat disebabkan oleh kondisi stress, akibat aktivitas berlebihan, dll. Namun bila kondisi ini tidak kunjung membaik sebaiknya hal ini dapat dievaluasi kembali bersama dokter terkait guna dilakukan pemeriksaan ulang guna memastikan kondisi yang dialami saat ini.

    Berikut terdapat artikel seputar keterlambatan menstruasi

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra