Tanya Dokter

  • Penanganan untuk blighted ovum

  • Dok usia kandungan saya 8w5d dan di vonis BO besok pagi saya akan melaksanan kuret dok, mohon petunjuk itu terlalu cepat atau bagaimana dok?

    Halo, Della. Blighted ovum atau kehamilan kosong adalah kehamilan yang tidak mengandung embrio janin didalamnya. Hal ini memicu terjadinya keguguran atau abortus. Pada kehamilan awal, abortus paling banyak disebabkan oleh blighted ovum. Pada blighted ovum memiliki ciri ciri yang sama dengan kehamilan biasa, dimana tes kehamilan juga menjadi positif disertai tanda tanda lainnya. Tapi perbedaannya adalah kantong tidak berisi janin.

    Sekitar 60% blighted ovum disebabkan kelainan kromosom dalam proses pembuahan sel telur dan sperma. Infeksi TORCH, rubella dan streptokokus, penyakit kencing manis (diabetes mellitus) yang tidak terkontrol, rendahnya kadar beta HCG serta faktor imunologis seperti adanya antibodi terhadap janin juga dapat menyebabkan blighted ovum. Risiko juga meningkat bila usia suami atau istri semakin tua karena kualitas sperma atau ovum menjadi turun.

    Untuk memastikan apakah blighted ovum atau tidak, dokter akan melakukan tes USG untuk melihat kantong kehamilan apakah berisi janin atau tidak. USG dilakukan  untuk mengkonfirmasi dan bahkan ada juga dilakukan USG beberapa minggu setelahnya. Gunanya adalah untuk melihat apakah kantong berisi janin dan perkembangan embrionya atau memang kantong kehamilan kosong. Pada blighted ovum akan sering terjadi perdarahan dan perut ibu yang tidak berkembang sesuai usia kehamilanya.  Apabila memang terjadi blighted ovum maka pengobatannya adalah dengan melakukan kuretase atau mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim. Kemungkinan nantinya hasil kuretase akan dianalisa untuk memastikan apa penyebab blighted ovum lalu mengatasi penyebabnya. Jika karena infeksi maka dapat diobati sehingga kejadian ini tidak berulang. Jika penyebabnya antibodi maka dapat dilakukan program imunoterapi sehingga kelak dapat hamil lagi.

    Semoga bermanfaat

    dr. Eni Yulvia S