Tanya Dokter

  • Solusi atasi bintik-bintik merah pada telapak tangan dan kaki, tidak gatal

  • Selamat malam dok, saya mau konsultasi, beberapa hari terakhir ini pada telapak tangan dan kaki saya kedua-duanya muncul bintik-bintik merah. Sebelumnya saya mengalami demam kurang lebih selama sehari. Saya pikir itu karena masuk angin karena saya setiap malam selalu menyalakan kipas angin. Dan sebelum-sebelumnya setiap kali BAB anus saya selalu berdarah selama beberapa hari dan sekarang ternyata di dalam anus saya terdapat benjolan. Kembali pada kasus, bintik-bintik merah saya itu tidak gatal dan hanya terjadi pada kedua telapak kaki dan tangan saya saja. Pada bintik-bintik merah itu, beberapa diantaranya mengalami pengelupasan kulit. Pertanyaannya apa penyebabnya dok? Apakah ada kaitannya dengan demam dan anus saya berdarah tersebut dok? Bagaimana solusinya? Mohon bantuannya dok. Terima kasih.

    Hai Agung, Timbulnya bintik merah di telapak tangan dan kaki seperti yang Anda alami pada dasarnya dapat diakibatkan oleh beberapa kemungkinan penyebab berikut ini:

    Kondisi tertentu seperti sifilis, flu singapura atau infeksi virus/bakteri dapat disertai dengan timbulnya demam. Bintik merah yang timbul kemungkinan tidak terkait dengan BAB berdarah yang Anda alami. BAB berdarah disertai dengan timbulnya benjolan di tepi anus umumnya disebabkan oleh wasir/hemoroid, yaitu pembengkakan berisi pembuluh darah di sekitar anus. Gejala yang dapat timbul adalah perdarahan saat BAB yang berwarna merah terang, timbul benjolan di tepi anus, pembengkakan dan nyeri di sekitar anus, gatal dan berlendir pada anus, dan sebagainya. Namun demikian, BAB berdarah dapat pula disebabkan oleh kondisi medis lainnya seperti radang usus, fissura ani (perlukaan pada anus), disentri, divertikulitis, polip kolon, kanker usus besar, dan sebagainya. Mengingat terdapat berbagai kemungkinan penyebab keluhan yang Anda alami, untuk memastikannya tentunya diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik melalui pengamatan langsung dan pemeriksaan lainnya jika diperlukan (seperti tes darah, tes colok dubur, proktoskopi, dan sebagainya). Dengan demikian penyebabnya dapat diidentifikasi dan penanganan yang tepat dapat diberikan bagi Anda. Berikut ini anjuran yang dapat Anda lakukan:
    • Menjaga kebersihan kulit dan mandi secara teratur
    • Gunakan sabun mandi yang lembut dan tidak mengiritasi kulit
    • Kenakan sarung tangan dan alas kaki saat kontak dengan bahan kimia seperti cairan pembersih, pemutih, detergen, pewangi dan sebagainya
    • Perbanyak konsumsi air putih, buah dan sayur untuk mencegah sembelit
    • Hindari kebiasaan menahan keinginan untuk BAB
    • BAB secara teratur
    • Hindari duduk terlalu lama atau mengangkat beban berat
    Informasi berikut ini dapat berguna: Bintik merah di telapak tangan dan kaki Wasir/hemoroid Demikian semoga bermanfaat. dr. Muliani Sukiman

    Agung Herlianto  Agung Herlianto
    Anggota

    Terima kasih dokter,