Tanya Dokter

  • Bintik-bintik putih dan merah di lidah

  •  Yuniya
    Anggota
    Selamat malam dok . Seharian ini saya merasakan sakit perut yang gak seperti biasanya. Sakit dan melilit dibagian perut sebelah kiri . Saya memang punya sakit asam lambung dan belakangan ini kambuh sampai lidah dibagian belakang muncul bintik-bintik putih dan sekarang dibagian depan muncul bintik-bintik merah dan lidah rasanya perih nyeri seperti ada sariawannya . Apakah itu memang akibat asam lambung naik atau memang masalah yang serius ? Tolong dijawab ya dok .Terimakasih dok .

    Halo Yuniya......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang terkait lidah Anda memang dapat disebabkan oleh karena penyakit asam lambung yang anda punya, di mana tidak mengalami suatu iritasi akibat naiknya asam lambung ke mulut.

    Akan tetapi selain oleh karena hal yang telah disebutkan diatas, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh : penggunaan obat kumur yang terlalu sering, kebiasaan merokok/ minum alkohol/ minum kopi/ minum teh yang berlebihan, infeksi jamur pada mulut, kanker, dan lain sebagainya.

    Serius atau tidaknya kondisi ini haruslah diketahui terlebih dahulu penyebab yang mendasarinya. Sedangkan untuk mengetahui penyebabnya, maka haruslah dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung.

    Oleh karena itu apabila gangguan kesehatan lidah Anda semakin lama semakin memburuk, maka segeralah menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar segala sesuatu nya terang dan jelas, dan akhirnya penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

    Tips untuk ANda : minum air putih minimal 2 Liter perhari, jaga kebersihan gigi dan mulut dengan cara gosok gigi minimal dua kali sehari ( setelah makan dan sebelum tidur ) dengan menggunakan pasta gigi tanpa deterjen, perbanyak makan buah dan sayur.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

    Salam,

    Dr. Jati