Tanya Dokter

  • bintik-bintik putih di wajah bayi dan cara mengobatinya

  •  Sitti Sholiah
    Anggota

    Alo dok anak saya berumur 2 bulan diwajahnya muncul bintik putih seperti panu, ada yang bilang kalau itu sisa asi yang gx bersih, Bisa hilang gx ya dok Obat apa yang bisa dipakai untuk menghilangkan bintik putih tersebut,

    Halo, Pada bayi yang baru lahir, bercak putih pada wajah merupakan hal yang umum sekali terjadi. Penyebab tersering munculnya bercak putih pada bayi adalah Pityriasis alba. Pityriasis alba sampai saat ini tidak diketahui penyebabnya. Lesi yang muncul biasanya adalah bercak berbentuk bulat atau oval, berwarna merah muda dan terlihat kering yang semakin lama akan mengalami hipopigmentasi sehingga kulit berwarna putih. Lokasi munculnya bercak putih ini adalah pipi, leher, lengan, dan tubuh bagian atas. Lesi ini semakin bertambah jelas setelah terpapar sinar matahari. Keluhan ini seringkali muncul pada bayi dengan jenis kulit kering. Hal yang dapat Anda lakukan adalah mengoleskan pelembab secara rutin kepada kulit anak Anda. Keluhan ini tanpa pengobatan apapun akan hilang dengan sendirinya. Tetapi waktu yang diperlukan untuk memperoleh warna kulit yang normal berbeda-beda pada setiap anak. Bercak putih akibat panu atau tinea versicolor, biasanya ditemukan pada anak yang lebih besar. Karena penyebab panu adalah akibat infeksi jamur, tentu saja pengobatannya akan berbeda. Bila memang anak Anda terkena infeksi jamur, maka pengobatannya adalah dengan salep anti jamur. Penyebab lain yang mungkin dapat menyebabkan bercak putih pada kulit adalah vitiligo. Vitiligo merupakan penyakit pada kulit yang menyebabkan pigmen pada kulit menghilang. Untuk lebih memastikan penyebab bercak putih yang muncul pada kulit anak Anda, disarankan untuk menemui dokter Anda. Dokter akan dapat melihat langsung bercak yang dimaksud. Dengan melihat secara langsung dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan, maka dapat ditentukan penyebab bercak putih pada kulit anak Anda. Hal-hal yang dapat Anda lakukan :

    • Memberikan pelembab khusus bayi pada kulit anak Anda
    • Tetap jaga kebersihan kulit anak Anda
    • Ganti segera pakaian atau popok yang basah
    • Hindari paparan sinar matahari yang terik di siang hari
    Semoga membantu, dr. Tri

    Dok anak saya usia 2 bulan,di pipi nya ada bercak putih,bentuk nya oval,kta org it air susu,ud gtu gk hny stu dok ada 3. cra ngilangi ny gmn y dok,ud gt dok di kpla bgian blkang anak sya merah,ud gtu kluar air,klau kring jdi kerak2 gtu,it ap y dok,dan cra ngilangi ny gmn?