Tanya Dokter

  • Penyebab bintik hitam pada mata

  •  Puspita Arin
    Anggota
    Dok saya mau bertanya, saya remaja 17 tahun. Di mata saya bagian putih-putihnya terdapat bintik hitam. Di mata kiri saya ada 6 bintik hitam dan dimata kanan saya ada 3 bintik hitam. Seingat saya, dahulu dimata saya tidak ada bintik hitamnya. Waktu kecil saya juga pernah bermasalah pada mata, yaitu mata saya merah dan berair. Kata doktet yang memeriksa saya dulu, mata merah itu akan hilang ketika sata berumur 12 tahun dan benar semenjak umur saya 13 mata saya sudah tidak merah lagi. Apakah ada hubungannya antara bintik hitam dimata saya dengan mata merah yang saya derita sewaktu kecil? Atau ada penyakit lainnya? Terimakasih

    Halo Puspita,

    Terima kasih atas pertanyaannya. Keluhan Anda saat ini kemungkinan tidak berkaitan dengan kluhan Anda masa lalu. Bagian putih pada mata dinamakan konjungtiva. Bintik hitam yang terbentuk pada konjungtiva sebagian besar disebabkan oleh suatu kondisi yang jinak yaitu berupa kumpulan pigmen kulit. Beberapa penyebab dari kumpulan pigmen tersebut adalah:

    • conjunctival nevus, yaitu pertumbuhan jinak dari sel melanosit (sel yang membentuk warna/ pigmen kulit)
    • primary acquired melanosis, yaitu salah satu bentuk pertumbuhan sel melanosit yang dapat menjadi ganas
    • melanoma, yaitu pertumbuhan tumor ganas yang berasal dari sel melanosit
    • efek samping penggunaan obat tetes mata yang mengandung epinefrin

    Anda disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis mata sehingga dokter dapat melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mata Anda. Pemeriksaan ini ditujukan untuk memastikan penyebab dari bintik hitam pada konjungtiva sehingga dokter dapat menentukan penanganan selanjutnya.

    Silakan Anda baca artikel berikut: Bintik hitam pada konjungtiva 

    Semoga informasi ini berguna.

    dr. Aloisia