Tanya Dokter

  • bintik kecil berair,gatal, dan menjamur

  •  Ila Ilaya N
    Anggota

    Hi,dok! Saya mau bertanya, sekitar satu bulanan ini saya mengalami gatal-gatal di kulit. Pertamanya muncul bintik putih kecil yg berair tapi tidak bau, awal munculnya di lutut. Saya kira hanya bintik biasa, lalu saya pecahkan. Setelah itu kulit sekitar lutut saya mulai gatal-gatal dan memerah lalu muncul bintik yg seiring semakin banyak. Sampai saat ini saya hanya mengkonsumsi obat CTM 1x1 saja setiap gatal-gatalnya terasa sangat mengganggu. Apakah nama penyakit saya ini dok?.

    Hello, Penegakkan diagnose tidak dapat didasari atas knsultasi semata, namun membutuhkan pemeriksaan fisik dan tidak jarang dibutuhkan pemeriksaan penunjang guna mendapatkan diagnose yang tepat sehingga obat yang dokter berikan menjadi tepat sasaran berdasar pada penyebabnya. Untuk penyebab atau nama penyakit atas keluhan yang Anda rasakan tidak dapat dilakukan tanpa pemeriksaan. Namun beberapa nama penyakit yang dapat menyebabkan keluhan serupa, antara lain:

    1. Dermatitis venenata
    2. Dermatitis kontak
    3. Dermatitis alergi
    4. Impetigo
    5. Pioderma lain
    6. Herpes zoster
    7. Infeksi virus lain
    8. Scabies
    9. dan lainnya
    CTM atau chlorfeniramine maleat merupakan obat yang termasuk golongan antihistamin untuk mengurangi gejala alergi. Jika penyebab dari bintik-bintik kulit tersebut bukan disebabkan atas reaksi alergi maka, obat tersebut tidak dapat menyembuhkan. Saran yang paling tepat untuk Anda adalah agar Anda segera menemui dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan mendapatkan pengobatan sehingga mendapatkan kesembuhan. Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean