Tanya Dokter

  • Bintik merah di kepala dan wajah bayi

  •  alyahmad
    Anggota

    dokter ..... saya mau tanya nih, Anak saya berusia 3,5 bulan ada bintik merah (ada yang bernanah).  Kata dokter alergi susu sapi. akhirnya saya pakai NAN HA. setelah 2 hari ko masih sedikit muncul dok. selama ini saya pakai BMT Platinum. perlu diketahui setelah 1 bulan tidak ASI lagi. pernah seperti ini terus minum pregistimil dan anaknya setelah itu tidak mau susu lagi. akhirnya ke rumah sakit karena dianggap kurang gizi.

    Dear Alyahmad, Bintik merah pada bayi dapat disebabkan oleh:

    • eksim atau dermatitis atopi, ruam merah, kecil, gatal, dan kulit pecah. Eksim pada anak di bawah 6 bulan sering dihubungkan denga alergi susu dan telur. Ruam sering timbul pada wajah dan kulit kepala.
    • erythema toxicum. Setengah bayi baru lahir mengalami kulit kemerahan ini. Hal tersebut normal pada bayi baru lahir.
    • jerawat bayi. Jerawat daapt muncul pada wajah dalam bulan pertama kelahiran. Cuci wajah bayi Anda dengan air dan sabun ringan untuk membantu mengurangi ruam di wajah. Jerawat ini dapat berlanjut setelah tiga bulan usia bayi (jerawat infantil) yang cenderung memberat dan membutuhkan terapi obat.
    • kurap (ringworm) adalah infeksi jamur kulit yang paling umum terjadi yang menyebabkan ruam berbentuk cincin merah yang bisa muncul di kulit kepala, kaki, selangkangan, dsb). Kurap dapat diobati dengan krim jamur yang dijual bebas.
    • miliria (biang keringat). Hal ini bisa terjadi karena bayi dikenakan terlalu banyak pakaian atau lingkungan yang panas dan lembab. Biang keringat disebabkan karena kelenjar keringat bayi tersumbat yang memunculkan bentol merah pada kulit, namun akan segera membaik dengan sendirinya tanpa terapi.
    • urtikaria (biduran). Ruam gatal kemerahan pada kulit. Biasanya dipicu oleh alergi terhadap makanan tertentu yang menyebabkan dilepaskannya histamin yang menyebabkan biduran muncul. Antihistamin seperti CTM yang dijual bebas dapat digunakan.
    • dsb.
    Selain itu perlu diingat bahwa adanya nanah pada bintik tersebut menandakan telah terjadi infeksi bakteri sekunder pada ruam tersebut. Untuk itu diperlukan juga krim antibiotik untuk mengatasi infeksinya. Krim tersebut harus diresepkan oleh dokter. Karena itu konsultasikan keluhan tersebut pada dokter kulit atau dokter anak Anda agar diagnosis yang tepat dan terapi yang tepat dapat diambil. Dokter akan menanyakan riwayat lengkap keluhan tersebut dan akan melakukan pemeriksaan fisik langsung terhadap ruam. Semoga bermanfaat. Salam, dr. Rony Wijaya