Tanya Dokter

  • bintik merah di wajah

  •  Dyah Riantini
    Anggota

    Malem dok, mau nanya, 1 minggu yang lalu saya coba2 obat jerawat yang kapsul "darsi" tapi setelah 3 hari pemakaian kok lama2 keluar bintik2 merah di seluruh wajah saya, apa itu karena alergi ato apa dok? Serta cara penyembuhannya gimana dok? Mohon jawabannya ya dok, terimakasih

    Dear Dyah, Hadirnya bintik merah di wajah bisa diakibatkan oleh beberapa hal berikut:

    • jerawat
    • reaksi alergi
    • iritasi kulit
    • miliaria
    • dermatitis kontak
    • impetigo
    • dsb.
    Berikut tips yang dapat Anda lakukan:
    • jika Anda mencurigai gejala ini merupakan reaksi alergi, Anda bisa menghentikan konsumsi obat tersebut. Lihat apakah ada perbaikan atau tidak.
    • bersihkan muka dengan sabun yang lembut 2 kali sehari
    • gunakan pelembab berbahan dasar air
    • jika Anda menggunakan kosmetik, gunakan yang bebas minyak
    • gunakan tabir surya jika Anda bepergian keluar rumah
    Apabila keluhan Anda tidak membaik, konsultasikan dengan dokter. Diagnosis akan ditegakkan dokter setelah menanyakan lebih rinci riwayat keluhan Anda dan melihat langsung ruam kulit yang Anda derita. Terapi yang tepat akan diberikan dokter. Berikut laman yang dapat Anda baca: Cara merawat kulit Pelembab wajah Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya