Tanya Dokter

  • Bintik merah setelah demam pada bayi

  •  soraya
    Anggota

    Selamat pagi dok, Anak saya berumur 18bulan.. Kmrn 3 hari panas 39'C hari ke 4 turun tp jd dingin 34,7'C pada hari ke 5 muncul bintik2 di punggung dan dadanya, trs ke muka jg.. Apakah tdk apa2? Sampai hari ini saya blm bawa ke dokter. Saya cari info di internet ini menyerupai dg tanda2 roseola.. Apa yg hrs saya lakukan?

    Hai,   Untuk pemastian sebaiknya Anda memeriksakan kondisi bayi Anda ke dokter anak. Namun bintik/ bercak merah yang timbul pada bayi setelah demam turun memang merupakan gejala khas pada Roseola infantum. Roseola merupakan infeksi virus herpes tipe 6 dan 7 (bukan infeksi menular seksual) yang biasa menyerang anak anak berusia 6 bulan hingga 2 tahun pertama kehidupannya. Roseola ini merupakan infeksi virus dengan gejala khas yaitu :

    • Demam tinggi (bisa mencapai 39 derajat Celsius) selama 2-3 hari.
    Walaupun terlihat menakutkan tapi biasanya anak masih cukup aktif dan               tidak terlihat terlalu sakit.
    • Yang diikuti oleh turunnya demam pada hari ke-4 disertai bercak kemerahan (yang bisa menghilang bila ditekan) pada seluruh tubuh bayi (punggung, dada, muka tangan dan kaki).
    Gejala bercak kemerahan ini akan menghilang dengan sendirinya pada                  hari ke 7-hari ke 10.
    • Pembengkakan KGB di leher
    • Merasa mengantuk terus.
    Penanganan yang bisa dilakukan antara lain :
    1. Istirahat cukup
    2. Makan gizi seimbang
    3. Minum cukup cairan
    4. Mandi dengan air suam kuku.
    5. Minum obat pereda demam seperti paracetamol.
    Periksakan dengan seksama kondisi bayi Anda, jika bercak kemerahan tidak menghilang bila ditekan atau timbul demam saat bercak bertambah banyak maka periksaakan kondisi bayi Anda ke dokter. Gejala tersebut bisa merupakan tanda dari infeksi virus lain seperti :
    1. Dengue
    2. Measles
    3. Rubella
    4. dll.
    Semoga membantu.   dr. Yusi

    soraya  IUgeng Tea
    Anggota

    Anak sya usia 1,3 blan dok.. dia mngalami bintik merah stelah jatuh skit.. panas... nah sya mau bwa ank sya ke dokter ank.. minimal obt apa dok, yang cocok buat ank cowo.. di tunggu dok, imponya skrng... trimksih atas kerjasmanya..