Tanya Dokter

  • bintik merah tidak gatal

  •  Jumadi
    Anggota

    dok sy tlh 4 bln berobat krn efusi pluera (paru2 berair), obat yg sy minum paracetamol ranitidin methylprednisolone levofloxacin. stlah 3 bln minum obat kenapa timbul bintik2 merah di punggung, dada dan lengan tapi tidak gatal dan tdk ada gejala lainnya. wajah sy skrag byk yg bilang gemuk. dan cara mengatasi bintik2nya gimana? mksih dokter

    Jumadi  Tim Alodokter
    Dokter

    Hi, Bintik merah di kulit bisa merupakan reaksi obat yang anda minum. Selain itu juga bisa karena penyebab lain:

    • infeksi kulit akibat bakteri atau virus
    • reaksi alergi
    • penyebab lainnya
    Penggunaan obat methylprednisolone yang terlalu lama bisa menyebabkan kegemukan anda. Hal ini terjadi karena penyimpanan lemak yang dipengaruhi obat ini dan dapat disebut juga dengan sindroma cushing. Sebaiknya anda mengunjungi dokter anda sekalian kontrol pengobatan efusi pleura. Ceritakan riwayat gejala yang anda miliki dan mungkin dilakukan pemeriksaan ulang seperti cek darah, rontgen dan pemeriksaan kulit. Dari sana akan dievaluasi hasil pengobatan anda dan menentukan rencana pengobatan anda selanjutnya. Semoga membantu, dr. Dennis Jacobus