Tanya Dokter

  • Apakah munculnya bintik pada leher penis merupakan gejala herpes kelamin?

  • Siang Dok. .saya usia 21th. .timbul bintik2 pada leher kepala penis. .sama sering kesemutan saat kelamaan duduk didaerah kemaluan. .itu apa tanda herpes genital yah Dok.?

    Mohon jawabannya Dok.

    Hai,   Timbulnya bintik bintik pada kepala penis harus diperiksakan secara langsung agar bisa dinilai dan didiagnosa dengan tepat. Memberikan diagnosa tepat tanpa melakukan pemeriksaan fisik adalah hal yang sulit dilakukan. Penyebab adanya bintik pada kepala penis bisa disebabkan beberapa faktor seperti :

    1. Herpes genital
    2. Kutil Kelamin
    3. Bisul pada penis
    4. Bintik Fordyce merupakan pembesaran kelenjar di penis. Bukan penyakit menular seksual.
    5. Pearly penile papule Merupakan varian normal dari penis, tidak ada keluhan kecuali terdapatnya bintik. Tidak nyeri dan bukan penyakit menular seksual.
    6. Molluscum
    7. Infeksi scabies
    8. dll
    Penyebab diatas membutuhkan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk bisa memberikan diagnosa yang tepat. Dokter akan memeriksa kondisi Anda dan kelamin Anda serta melakukan pemeriksaan lain seperti tes darah, tes urine, dll. Penanganan akan disesuaikan dengan kondisi medis yang menjadi penyebab mendasar keluhan Anda. Herpes genital merupakan infeksi menular seksual yang disebabkan virus herpes. (Baca artikel lengkap herpes genital di SINI.) Gejala penyakit ini adalah timbulnya lenting berisi cairan pada alat kelamin disertai rasa panas dan nyeri paska berhubungan seks yang tidak aman (seks bebas tanpa kondom) dengan orang yg terinfeksi. Penanganan penyakit ini adalah dengan pemberian obat anti virus baik oral dan topikal untuk mengobati lenting di kelamin. Namun penyakit ini bisa kambuh kembali karena sekali terinfeksi virus herpes maka virus akan tetap dorman dan hidup dalam tubuh host. Sehingga pencegahan merupakan dasar dari penyakit ini. Pencegahan bisa dilakukan dengan :
    1. Menghindari seks bebas
    2. Gunakan kondom
    3. Tidak berhubungan seks saat lenting aktif
    4. Mengobati pasangan seks Anda
    Semoga bermanfaat.   Dr. Yusi