Tanya Dokter

  • Solusi untuk bintitan

  •  icafadilla
    Anggota
    dok saya ica saya mau nanya mata saya bintitan sudah hampir 3 bulan dimata bagian bawah sebelah kanan, dia dilihat dari depan memerah gitu dok dan membengkak, tetapi tidak sakit, dibagian dalam mata memerah dan ada benjolan putih seperti nanah, solusi nya bagaimana dokter? terimakasih

    Halo Ica,

    Bila terdapat bejolan pada kelopak mata, kemungkinan Ica mengalami penyakit hordeolum (bintitan) atau kalazion. Keduanya memiliki gejala serupa, yaitu adanya benjolan pada kelopak mata. Akan tetapi, pada hordeolum (bintitan) terdapat rasa nyeri, sedangkan pada kasus kalazion, nyeri biasanya hanya dirasakan pada awal munculnya benjolan, dan akan berkurang perlahan-lahan dalam beberapa hari.

    Penyebab terjadinya hordeolum (bintitan) adalah infeksi bakteri yang masuk ke dalam kelenjar di kelopak mata dan menyebabkan peradangan, sedangkan penyebab kalazion adalah adanya sumbatan di kelenjar kelopak mata.

    Untuk penanganan di rumah, Ica dapat melakukan hal berikut ini:

    1. Kompres menggunakan air hangat selama 5 hingga 10 menit, empat kali sehari
    2. Setelah dikompres, lakukan pijatan lembut ke arah bulu mata. Cucilah tangan terlebih dahulu untuk mencegah infeksi
    3. Jangan menggaruk atau memencet benjolan dengan keras.

    Apabila benjolan tidak juga menghilang, sebaiknya konsultasikan dengan dokter spesialis mata. Dokter akan memberikan penanganan yang diperlukan agar benjolan segera hilang.

    Semoga membantu,

    dr. Vidya