Tanya Dokter

  • Bipolar

  • Dok, gimana cara paling tepat untuk menghadapi prg yg menderita bipolar mania? Adakah trick" khusus bagi org normal agar bisa sabar menghadapi penderita bipolar? Apakah ini penyakit turunan? Kira" berapa persentase jika si anak dapat menderita bipolar jika normal menikah dgn penderita? Sincerly Daniel wahyudi

    Halo,   Menghadapi orang yang tersayang dengan gangguan bipolar membutuhkan kesabaran, pengertian dan motivasi kuat untuk tetap besama mereka selama masa / episode psikologis timbul. Hal ini bisa melelahkan bahkan menghancurkan hubungan yang ada. Untuk menghadapi penderita gangguan bipolar maka Anda bisa melakukan beberapa cara seperti :

    1. Belajarlah mengenai apa itu Bipolar. Dengan Anda mengetahui lebih banyak mengenaik penyebab, gejala dan tindakan yang sebaiknya dilakukan melalui literatur, buku dll maka diharapkan Anda akan lebih siap menghadapi perubahan mood yang bisa terjadi sangat cepat dan membingungkan.
    2. Menjadi pendengar yang baik.
    3. Jangan perlakukan mereka seperti orang sakit. Kejiwaan / kesehatan mental mereka mungkin terganggu namun pola pikir dan kecerdasan mereka tidaklah menjadi terganggu pula.
    4. Dukung mereka untuk meneruskan pengobatan dengan baik.
    5. Catat dan buat jurnal mengenai episode yang timbul, kapan dan pemicunya.
    6. Ajak keluarga , teman lain untuk membantu Anda sehingga Anda bisa mengambil waktu untuk beristirahat sejenak  dan juga bisa mendukung pasangan Anda untuj bersosialisasi lebih baik.
    7. Tunjukkan keinginan Anda atau keberatan Anda secara hati hati, jika bisa libatkan psikolog saat Anda melakukannya.
    8. Lakukan kegiatan bersama.
    Penyebab bipolar masih belum diketahui walaupun penelitian menyatakan bahwa gangguan kimia dalam otak dan genetik berpengaruh terhadap gangguan ini. Pada pasangan yang memiliki gangguan bipolar, memiliki anak dengan gangguan bipolar juga kan lebih tinggi dibanding kedua pasangan sehat. Kenaikan berkisar 10,6% akan dapat mempengaruhi kemungkinan Anda mendapat anak dengan gangguan bipolar pula. Jika kedua orang tua bipolar maka kemungkinan akan naik menjadi 28,6% . Baca artikel  Menghadapi bipolar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi