Tanya Dokter

  • Apakah saya menderita bipolar disorder?

  • Dok saya ingin bertanya. Saya sering sekali mengalami perubahan mood. Kadang disaat pagi saya merasa murung, tapi ketika sore saya kadang bisa terlalu bahagia (hiperaktif).Kadang juga perubahan mood saya itu terjadi dalam waktu yg singkat. Saya juga sering berbicara sendiri. Apakah itu termasuk bipolar disorder?

    Salam,

    Gangguan bipolar, merupakan suatu gangguan psikiatrik yang digambarkan dengan fase bahagia dan depresi bergantian secara cepat tidak terkontrol. Untuk memastikan Anda mempunyai gangguan bipolar atau tidak, maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter spesialis kesehatan jiwa.

    Secara umum, gejala gangguan bipolar dapat berupa:

    1. suasana hati yang gembbira berlebihan, sehingga pasien merasakan kesenangan dan bersemangat

    2. tidak mudah lelah pada fase mania/bahagia

    3. ide baru dan rencana baru pada fase mania

    4. ego yang tinggi

    5. kurang percaya diri, sedih, dan murung pada fase depresi

    6. gangguan tidur

    7. gangguan daya ingat dan mudah lupa pada fase depresi

    8. timbulnya masalah hubungan sosial di lingkungannya

    Dengan demikian, untuk mengevaluasi kondisi Anda perlu dilakukan wawancara oleh dokter psikiter dan pemeriksaan langsung untuk mendapatkan data kesehatan jiwa Anda dan resiko terjadi gangguan bipolar ini. Penatalaksanaan akan diberikan oleh dokter untuk membantu pasien mengontrol suasana hati ini.

    Beberapa hal yang perlu Anda lakukan adalah menghindari stres dan kecemasan, hindari tidur larut malam, idealkan berat badan Anda, dan lakukan olah raga rutin untuk meningkatkan ketahanan fisik Anda dan kesehatan jiwa Anda.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga bipolar dan tes bipolar.

    dr. Ulfi