Tanya Dokter

  • Apakah sperma dari onani di kolam renang bisa menyebabkan kehamilan?

  •  Lia Fauziah
    Anggota

    Saya mau bertanya.. jika pasangan suami istri sedang berenang terus suami mengeluarkan sperma di kolam .. apakah istri tersebut akan bisa hamil?

    Hello, Spermatozoa yang dihasilkan oleh organ reproduksi pria dapat hidup diluar tubuh untuk beberapa lama, namun hanya dalam kondisi tertentu. Ketika pria melakukan ejakulasi maka cairan yang keluar dari penis merupakan campuran antara cairan semen yang diproduksi oleh kelenjat prostat dengan sel spermatozoa yang diproduksi oleh kelenjar testis. Cairan semen memiliki fungsi untuk membantu spermatozoa bertahan dalam rongga vagina dan mencapai sel telur yang berada dalam kandungan. Jika seorang pria melakukan ejakulasi di dalam kolam renang, maka kemungkinan spermatozoa untuk mencapai sel telur yang berada dalam kandungan adalah tidak mungkin. Penyataan ini ditunjang dengan fakta berikut:

    1. Spermatozoa akan menggumpal dalam waktu 1 menit diluar tubuh tanpa cairan semen. Ejakulasi yang dilakukan dalam kolam renang akan membuat cairan semen dan spermatozoa terpisah
    2. Zat khlorin yang berada dalam kolam renang akan membunuh sel spermatozoa
    3. Spermatozoa akan mati jika berada pada derajat keasaman dibawah 6, dimana untuk mencapai kandungan tanpa cairan semen harus melalui rongga yang memiliki derajat keasaman sekitar 3-4.
    Masih ada beberapa penelitian yang menunjang fakta tersebut. Hal ini dikecualikan jika melakukan hubungan seksual di dalam kolam renang. Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean