Tanya Dokter

  • Bisakah melahirkan secara normal setelah sebelumnya caesar

  • siang dok..sya mw tnya bisahkn mlihrakn normal setlah sc..skrg ank sya yg prtma 2 thun 2 bln..khmiln prtma sc ats indikasi ptm dan postdate.mhon infoy y dok trim.s

    Halo,   Ya Anda bisa saja melahirkan normal setelah sebelumnya melahirkan secara caesar dengan syarat jarak antara kehamilan sebelumnya dengan yang sekarang minimal 2 tahun.  Dengan demikian diharapkan luka sayatan yang dibuat saat operasi caesar sebelumnya sudah menyembuh dengan sempurna dan kuat menahan kontraksi saat proses persalinan berikutnya. Namun pemilihan metode persalinan tentunya akan ditentukan dari kondisi lain juga yakni :

    1. Kesehatan ibu.
    2. Besar bayi = jika bayi yang Anda kandung besar (> 4 kg) maka persalinan caesar akan lebih disarankan.
    3. Ukuran panggul ibu = ukuran panggul yang kecil akan membuat persalinan normal menjadi susah.
    4. Kondisi plasenta, pada kasus plasenta previa totalis dimana plasenta menutupi jalan lahir maka persalinan normal tidak mungkin bisa dilakukan.
    5. Posisi bayi. Bayi dengan posisi melintang dan tidak bisa di posisikan normal maka akan membuat persalinan harus dengan operasi caesar.
    6. dll.
    Jadi konsultasikan ke dokter kandungan Anda dan jaga kehamilan serta kontrol teratur jika Anda menginginkan kehamilan berikutnya melalui persalinan normal. Baca topik Persalinan normal setelah caesar. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi