Tanya Dokter

  • Apakeh penis bengkok mempengaruhi kesuburan?

  •  DEMARA
    Anggota

    selamat siang dokter, saya ingin bertanya jika penis laki-laki bengkong apakah masih bisa punya anak ? lalu apakah penyebabnya ? terima kasih

    Halo Demara, 

     

    Terima kasih sudah bertanya ke Alodokter.

    Seorang laki-laki bisa membuahi seorang wanita sehingga hamil jika kondisi sperma nya sehat dan optimal. Kondisi sperma yang sehat dan optimal sangat bergantung dari beberapa faktor yaitu jumlah dan kualitas dari sperma itu sendiri. Semua kondisi tersebut tidak bergantung dari kondisi penis baik ukuran dan bentuknya. 
    Penis yang bengkok terjadi karena adanya bagian dari penis yang tidak dialiri dari secara sempurna pada saat ereksi. Pada saat ereksi normalnya bagian enis yang seperti spon dialiri darah secara sempurna. Namun, pada individu tertentu terdapat gangguan anatomi penis yang menyebabkan penis menjadi bengkok. Kondisi penis yang bengkok tidak membutuhkan penanganan yang khusus jika kondisi tersebut tidak disertai dengan rasa nyeo atau keluhan lain terutama pada saat melakukan hubungan seksual. Namun, ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kondisi serius dari penis yang bengkok adalah sebagai berikut: 

    1. Penyakit peyronie
    2. Gangguan autoimmun
    3. Cedera pada penis
    4. Faktor genetik

    Pada kasus tertentu, seseorang dapat melakukan terapi dari penis yang bengkok karen aalasan kosmetik. Namun, untuk mengetahui kondisi penis tersebut membahayakan atau mengganggu fungsi seksual maka tidak ada salahnya melakukan konsultasi dan pemeriksaan langsung ke dokter. Sehingga jika memang ada kondisi medis yang mendasari maka dapat dilakukan penanganan yang sesuai. 

    Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat. 

    Salam, dr. Tiwi