Tanya Dokter

  • Bisakah melahirkan normal apabila memiliki kista vagina

  •  Isma Wati
    Anggota
    Selamat malam dok. Saya mau bertanya. Saya sedang hamil 7 bulan,dan saya memiliki kista gartner duktus. Kira2 sebulan yang lalu kista yg saya miliki pecah dan mengeluarkan cairan bening. Kemudian saya ke dokter dan di beri obat. Yang ingin saya tanyakan apakah saya bisa melahirkan normal dengan kista yg masih saya miliki? Kalau seandainya bisa melahirkan normal apakah setelah melahirkan saya bisa langsung operasi pengangkatan kista? Atau saya harus menunggu pulih dari melahirkan dahulu?

    Halo Isma......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Perlu anda ketahui bahwa kista gartner, merupakan salah satu jenis kista vagina yang terbentuk umumnya sejak lahir dan berasal dari sisa saluran saat Janin yang seharusnya menghilang pada usia dewasa.

    Kista ini kadang berukuran cukup besar dan terlihat dari liang vagina. Kista gartner sendiri tidak berbahaya, namun karena ukuran yang besar kadang menimbulkan keluhan seperti nyeri pada saat melakukan hubungan seksual.

    Jika kista sudah pecah, maka Anda dapat saja melahirkan secara normal karena proses keluarnya jalan yang tidak terhalangi oleh kista. umumnya kista yang besar lah yang dapat mempengaruhi kelahiran secara normal karena menutupi jalan lahir.

    Kami menyarankan untuk mendiskusikan hal ini kembali kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang Anda sering kunjungi, sehingga dokter dapat memberikan suatu perencanaan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati