Tanya Dokter

  • bisakah melahirkan normal setelah operasi usus buntu?

  • Halo Dok.. Saya berumur 26 tahun. 8 bulan yg lalu saya operasi infeksi usus buntu. Dan termasuk operasi besar. Bekas operasinya dbawah pusar, memanjang kebawah. Saya berencana menikah diakhir tahun ini. Yang saya tanyakan adalah : 1. Berapa lama jangka waktu sebaiknya saya hamil setelah operasi infeksi usus buntu tersebut? 2. Bagaimana pengaruh bekas operasi tersebut terhadap kehamilan? 3. Bagaimana pengaruh bekas operasi tersebut terhadap proses melahirkan? Apakah bisa melahirkan normal atau harus sesar? Karena saya pernah dengar, kalau pernah operasi, maka melahirkan selanjutnya harus operasi sesar. Mohon penjelasannya Dok. Terima kasih

    Irma Eliza Elya  dr. Rico N
    Dokter

    Halo Irma, Ya, sangat bisa untuk melahirkan normal. Pada operasi usus buntu, bahkan yang diperluas (laparotomi) bukan halangan anda untuk melahirkan secara normal. Karena pada usus buntu, yang disayat adalah usus dan bukan rahim. Lain cerita jika anda pernah menjalani operasi sesar (SC) sebelumnya, maka diperlukan waktu setidaknya 18 bulan sebelum hamil lagi karena pada SC yang disayat adalah rahim dan membutuhkan waktu agar rahim cukup kuat untuk melahirkan secara normal. 1. Dapat segera 2. Jika tidak ada komplikasi paska operasi seperti perlengketan, maka tidak ada. Operasi tersebut tidak mengganggu kehamilan. 3. Tidak ada. Anda tetap dapat melahirkan secara normal, operasi tersebut tidak membuat anda harus menjalani sesar. Tentunya sepanjang tidak ada penyulit-penyulit lain yang mambuat kehamilan harus diakhiri dengan sesar (misal: bayi besar, panggul sempit, kelainan letak tertentu, gawat janin, plasenta menutupi jalan lahir, dsb) operasi caesar tips jitu cara cepat hamil demikian yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.  

    Irma Eliza Elya  Irma Eliza Elya
    Anggota

    Syukurlah.. Saya cukup lega dengan adanya penjelasan dari Dokter. Terima kasih atas penjelasan Dokter. Sukses selalu..

    hai irma..ak juga mengalami kondisi yg sama persis dengan kamu.bahkan semua pertanyaan itu pun yg sedang saya coba tanyakan ke beberapa pihak.senang sekali bs mendapat penjelasan yg sangat dibutuhkan. bekas operasi usus buntu ku juga vertikal di bawah pusar ke bawah sepanjang 10cm.dan kebetulan juga br 10 bulan yang lalu.

    Irma Eliza Elya  Irma Eliza Elya
    Anggota

    Hai jg Risky.. Semoga kita selalu diberikan kesehatan..