Tanya Dokter

  • Pengobatan ruam di pipi bayi menggunakan kunyit

  •  Onsarut Enno
    Anggota

    alo dokter, sya eno. anak sya berusia 2,5 bln. d pipinya tumbh buras, kata orang tua karena terkena air susu. saya obati dengan air kunyit yg kata orang tua sya bisa mngobati buras itu bnar tdk dok. sama d kpala sering tumbuh benjolan bernanah klo sdah pcah lngsung kempes tp sring ana yg baru lagi. pernah d periksa darah normal smua. itu bsa alergi apa pnyebab yg lain ya dok. mohon blsanya. trimakasih

    Halo, Terimakasih atas pertanyaan yang diajukan. Tidak sedikit yang mengira kalau terdapat ruam disekitar pipi pada bayi, dianggap sebagai kelainan pada kulit yang disebabkan oleh terpapar oleh air susu. Padahal, banyak kondisi yang menjadi penyebab timbulnya ruam pada wajah bayi. Butuh dipastikan lebih lanjut gejalanya secara pasti. Ada kemungkinan, ruam yang timbul tersebut merupakan gejala dari suatu kondisi yang disebut dengan dermatitis atopi. Dermatitis atopi yang timbul tersebut ada dikaitkan dengan adanya riwayat alergi, terutama pada ibu. Alergi yang dialami pada anak pada umumnya diturunkan dari orang tua. Ketika si bayi mengonsumsi ASI dari ibu yang sebelumnya mengonsumsi makanan yang mengandung bahan-bahan alergen/yang memicu reaksi alergi, maka timbulah gejala ruam tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan gejala tersebut bisa disebabkan oleh kondisi lain, seperti :

    • biduran
    • impetigo
    • penyakit infeksi "flu singapura"
    • biang keringat
    • dsb.
    Sedangkan benjolan bernanah yang timbul dikulit kepala bisa disebabkan oleh adanya infeksi pada kulit, yang disebabkan oleh bakteri. Kemungkinan kondisi yang dialami, diantaranya seperti impetigo, folikulitis, furunkel, abses, dsb. Untuk memastikan kondisi yang dialami oleh anak Anda, maka sangat disarankan untuk memeriksakan lebih lanjut ke dokter spesialis anak. Dokter perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, baik dari pemeriksaan fisik maupun penunjang sehingga penanganan secara tepat dapat diberikan. Anda bisa mengurangi gejala pada anak Anda dengan memastikan lebih lanjut apakah ada kondisi yang mencetus reaksi alergi pada anak Anda, agar dapat dihindari faktor pencetus tersebut. Anda juga bisa memberikan pelembab yang cocok untuk anak Anda. Pantau anak Anda agar tidak menggaruk-garuk kulitnya agar tidak terjadi timbul iritasi, Topik terkait : bintik merah pada kulit bayi Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat.