Tanya Dokter

  • Solusi atasi bisul yang berpindah

  •  Dekson Kogoya
    Anggota
    Pak bisul saya berpindah-pindah pertama di paha kedua di kaki ketiga di pantat skrg ad bisul yg baru mau tumbuh di dagu,,,itu knapa dok?? Terus bgmna solusinya

    Terima kasih Dekson Kagoya atas pertanyaannya di forum Alodokter, bisul merupakan benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini timbul akibat adanya infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut. Dimana bisul ini dapat timbul pada hampir semua bagian tubuh seperti, wajah, leher, ketak, bahu, bokong, dan paha. Bisul ini dapat menyebar dari satu daerah ke daerah lainnya bila cairan dari bisul yang pecah atau yang dipencet terkena ke daerah lainnya. Pada kondisi bisul dapat timbul gejala berupa:
    - tampak adanya benjolan pada kulit
    - benjolan bewarna kemerahan berisi nanah
    - terbentuk titik putih di bagian puncak benjolan
    - dapat terasa nyeri dan dapat juga disertai rasa gatal

    Pada penanganan keadaan ini, biasanya bisul dapat hilang secara sendirinya dan akan lebih baik bila diberikan kompres hangat pada bagian yang mengalami bisul. Selain itu, menjaga kebersihan tubuh juga dapat membantu mencegah terjadinya penyebaran dari kasus bisul ini. Namun, bila hal ini seringkali timbul dan sangat menimbulkan masalah ada baiknya hal ini dapat dikonsultasikan lebih dahulu ke dokter terkait guna dipastikan terlebih dahulu penyebab dari keadaan ini sebelum diberikannya suatu penanganan terkait.

    Berikut terdapat artikel seputar bisul

    Sekian dari saya, semoga dapat membantu
    dr. Christian Chandra