Tanya Dokter

  • Penyebab gigi bengkak, demam, dan sakit kepala

  •  Dekson Kogoya
    Anggota
    Dok saya sudah 4 hari saya terkena bisul di bibir,, bibir saya bengkak dan akibat bisul ini gigi saya juga ikut sakit, terkadang demam, dan kepala juga ikut sakit

    Hai Dekson,

    Terimakasih telah bertanya ke Alodokter.

     

    Bisul (furunkel) timbul akibat folikel rambut (akar rambut) yang mengalami infeksi. Penyebabnya yang tersering sesungguhnya merupakan flora normal di kulit (bakteri yang secara normal tumbuh di kulit). Bakteri ini bisa masuk ke folikel rambut dan menyebabkan infeksi apabila pori-pori terbuka, terdapat luka di kulit, kebersihan kurang terjaga, atau saat penderitanya mengalami gangguan sistem imun. 

    Bisul umumnya merupakan kondisi yang ringan, ditandai dengan benjolan di kulit yang kemerahan, terasa hangat, nyeri, gatal, dan memiliki mata keputihan di tengahnya karena berisi nanah. Namun, jika berukuran cukup besar, bisul bisa sampai menyebabkan kulit di sekitarnya mengalami bengkak dan juga demam.

    Pada kasus yang cukup berat seperti ini, umumnya penanganan di rumah saja tidak cukup. Anda perlu memeriksakannya langsung ke dokter untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Jika bisul dirasa cukup besar dan berpotensi menjadi fokus infeksi untuk jaringan di sekitarnya, mungkin dokter akan mempertimbangkan untuk dilakukan eksisi furunkel, yakni dengan prosedur bedah minor, untuk mengeluarkan nanah dan mengangkat bisulnya. Selain itu, dokter pun akan meresepkan obat-obatan lain, seperti antibiotik, anti nyeri, anti piretik, dan sebagainya. Karenanya, sebaiknya Anda kunjungi langsung dokter di fasilitas kesehatan terdekat ya..

    Sebagai langkah awal, Anda bisa mengompres bisul dan bibir yang bengkak dengan air hangat sambil mengkonsumsi obat paracetamol untuk membantu meredakan nyeri dan bengkaknya. Jangan terlalu sering memegang bisul apalagi memecahkannya secara paksa. Jaga juga kebersihan diri dengan mandi teratur dan rajin menggosok gigi serta berkumur dengan obat kumur antiseptik.

    Semoga membantu ya..

     

    dr. Nadia Nurotul Fuadah