Tanya Dokter

  • Bisul di payudara ibu menyusui

  •  Yani Ani
    Anggota

    Ass dok .. Dok saya mau tanya apakah berbahaya bisul di payudara saat sdng menyusui . Yg saya rasain skarang cuman sakitt sama gatal dok . Trus bisul nya smkin besar? Apa sih dok obat nya?

    Hai, Bisul pada payudara yang sedang menyusui kemungkinan menandakan adanya infeksi (mastitis), biasanya infeksi akibat masuknya kuman ke dalam retakan-retakan pada puting (retakan ini biasanya menimbulkan rasa nyeri saat menyusui sebelumnya). Bisa juga infeksi disebabkan oleh sumbatan saluran susu karena proses menyusui yang tidak sampai "kosong" Air susu yang tertahan (bila payudara tersebut tidak dikosongkan) akan semakin menyebabkan pembengkakan payudara terkait. Oleh sebab itu, payudara tersebut sebaiknya dikosongkan dengan terus menyusui anak; jika perlu, dengan metode pemerahan susu sendiri (tidak diisap oleh bayi bila itu membuat Anda sangat nyeri) dan bayi menyusu di payudara sebelah yang tidak sakit. Bila kedua payudara sangat teramat sakit sehingga proses menyusui tidak bisa berlangsung, pengosongan payudara tetap sebaiknya dilakukan dan bayi bisa diberikan susu formula untuk sementara. Payudara yang tengah "diistirahatkan" ini kemudian dapat diolesi salep (dari resep dokter, biasanya mengandung antibiotik) dan Ibu biasanya perlu meminum antibiotik (jika penyebabnya dicurigai adalah kuman) untuk menunjang penyembuhan payudara. Antibiotik ini biasanya telah disesuaikan dengan kondisi menyusui sehingga aman digunakan saat menyusui. Pada keadaan yang jarang, bisul/benjolan payudara bisa menandakan keganasan payudara. Apabila ini terjadi, proses menyusui tetap dapat dilakukan pada payudara sebelah yang tidak sakit; sedangkan proses pengobatan sebaiknya secepatnya dilakukan. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan sementara:

    • Tetap menyusui bayi hingga payudara "kosong"; jangan lupa untuk mengosongi payudara sebelah
    • Carilah posisi yang senyaman mungkin untuk menyusui
    • Usahakan menyusui sebelum payudara terlalu "penuh"
    • Kompres hangat dapat memperlancar proses menyusui
    • Jangan menggunakan bra yang terlalu ketat; hindari menggunakan tas ransel yang berat dan kurangi bepergian dengan mobil (Anda perlu mengenakan seat belt dan ini bisa menyebabkan sedikit ketidaknyamanan)
    Artikel ini mungkin membantu: Merawat payudara saat menyusui Sekian, semoga bermanfaat. dr. Radius Kusuma

    dok saya menyusui selama 45 hari sampai sekarang masih terasa sakit daerah areola jika dikenyut bayi bukan puting yang sakit tapi areola yang sakit jika dikenyut. apakah perlu penanganan serius dok? apakah perlu USG payudara?