Tanya Dokter

  • Bisul pada anak dan khawatir sepsis

  •  Era Eriel
    Anggota
    Selamat sore dokter, saya mau tanya apakah bisul bisa menyebabkan sepsis? Anak saya umur 2 tahun bisulan diarea wajah setelah dibawa ke dokter diberikan antibiotik oral, tidak lama bisulnya kempis..tapi muncul lagi diarea kepala dan bukan cuma satu tapi banyak. Sekarang antibiotiknya sudah habis. Apakah tidak masalah jika diberikan antibiotik oral lagi? Apakah jika bisul terlalu lama bisa menyebabkan sepsis? Mohon jawabannya dok. Terima kasih.
    Era Eriel  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Era Eriel,

    Bisul pada anak sering kali dapat timbul berulang ataupun dapat timbul dengan jumlah lebih dari satu secara bersamaan. Bisul merupakan infeksi pada kulilt yang jika tidak ditangani dengan baik dapat menjadi sumber infeksi dimana nanah yang di dalam bisul dapat berpotensi masuk ke dalam aliran darah dan menimbulkan infeksi pada organ lainnya meskipun hal ini jarang sampai terjadi, tetapi jika sampai terinfeksi dapat menimbulkan gangguan serius terutama jika sampai terjadi gangguan pada tulang atau otak.

    Bisul pada anak dapat dipicu oleh beberapa faktor seperti kulit yang lebih mudah mengalami kerusakan sehingga bakteri lebih mudah masuk, kondisi kebersihan diri yang kurang baik, mengalami dermatitis sebelumnya yang dapat dipicu oleh karena alergi yang dapat bermacam-macam seperti makanan, debu, udara atau cuaca dingin, asap, bahan pakaian tertentu, keringat dan lainnya.

    Terapi definitif dari bisul yang disebabkan oleh infeksi bakteri adalah antibiotik yang dapat diberikan secara oral ataupun topikal berupa krim. Tentunya pemberiannya berdasarkan pemeriksaan dokter sebelumnya. Untuk itu jika terdapat bisul yang berulang kita orang tua juga perlu memahami dan mencari tahu penyebab dari timbulnya bisul dan faktor yang menjadi pemicunya. Upayakan menjaga kebersihan anak dengan rutin mencuci tangan setelah dan sebelum anak beraktivitas, menjaga kelembaban dan kebersihan kulit, upayakan anak berada ditempat sejuk, ketahui apakah anak mengalami peradangan pada kulit atau alergi lainnya, dan juga lakukan perawatan di rumah agar membantu penyembuhan bisul yang terjadi.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.