Tanya Dokter

  • Melakukan oral seks tanpa penggunaan kondom

  •  Win99
    Anggota
    Halo dok.. emg sudah banyak pertanyaan spt ini.. tp saya ingin memastikan saja.. Apakah benar2 berbahaya kalau blowjob tanpa kondom? Di penis saya tidak ada luka dan di mulut psk tidak ada luka juga.. Dan katanya dia lihat2 kalau mau BJ tanpa kondom..

    Halo Win99, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Infeksi menular seksual ada berbagai macam jenisnya, dan tidak semua infeksi menular seksual memberikan gejala berupa luka di rongga mulut atau di penis. Kadang kala infeksi menular seksual dapat terjadi tanpa gejala apapun.

    Melakukan oral seks tanpa menggunakan pengaman tetap berisiko menularkan dan tertular infeksi menular seksual. Beberapa infeksi menular seksual yang dapat menular melalui oral seks antara lain:

    1. gonore
    2. chlamydia
    3. sifilis
    4. herpes simpleks tipe 1 dan 2
    5. HPV (human papilloma virus)
    6. HIV

     

    Cara teraman untuk mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual adalah menghindari perilaku seksual berisiko, yaitu melakukan hubungan seksual hanya dengan 1 pasangan, melakukan hubungan seksual secara sehat dengan menggunakan kondom.

    Untuk memastikan bahwa saat ini anda tidak terkena penyakit menular seksual, anda dapat memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan infeksi menular seksual. Sementara itu, sebaiknya jangan berhubungan seksual terlebih dahulu untuk mencegah terjadinya penularan (bila memang anda terinfeksi), atau gunakan kondom setiap kali anda berhubungan seksual.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia