Tanya Dokter

  • Vagina terasa gatal disertai keputihan sedikit menguning

  •  Annisa nur
    Anggota
    Sore dok saya mau tanya 3 hari terakhir vagina saya terasa gatal, keputihan sedikit menguning tapi tidak berbau. Menstruasi saya biasanya tgl 15 dan hari ini flek seperti awal menstruasi hanya saja biasanya jika awal mens pasti agak banyak beda dngn hari ini. Apa ini masalah dari penyakit gatal vaginanya atau siklus mens nya ? Mohon dijawab terimakasih dok

    Halo Annisa, terima kasih atas pertanyaan anda

     

    Keputihan merupakan cairan/lendir yang dihasilkan oleh kelenjar di vagina serta leher rahim, guna membersihkan dinding vagina dari sel-sel mati serta membantu menjaga kelembaban daerah kewanitaan. Keputihan yang normal berwarna jernih atau putih, tidak berbau, tidak menimbulkan sensasi gata serta dalam jumlah yang sedikit. Keputihan normalnya terjadi pada saat masa subur, menjelang haid, saat sedang stress dsb.

     

     

    Pada keadaan tertentu, keputihan dapat bersifat tidak normal. Hal ini biasa disebabkan oleh infeksi jamur, bakteri maupun parasit.

     

     

    1. Keputihan akibat infeksi jamur, atau candidiasis vulvovaginal  disebabkan oleh jamur benama candidiasis albican. Penderita biasa merasakan keputihan yang sangat gatal, tidak berbau dan lendir keputihan berwarna putih seperti keju, enempel pada liang vagina serta bibir vagina
    2. Bakterial vaginosis atau keputihan akibat infeksi bakteri , diakibatkan oleh ketidak seimbangan bakteri/flora normal atau kerena infeksi suatu bakteri yang tidak seharusnya ada pada daerah kewanitaan. Keluhan ditandai dengan keputihan yang berbau amis/bau busuk, berwarna putih atau keabuan, tidak gatal atau mengiritasi.
    3. Keputihan akibat infeksi parasit, biasa disebabkan oleh Trikomonas vaginalis. Penyakit ini menyebabkan keputihan berwarna kuning hingga kehijauan, berbusa, gatal dan nyeri saat buang air kecil.
    4. Ada juga jenis keputihan lain yang termasuk dalam infeksi menular seksual. Dikarenakan keluhan tersebut dapat menular melalui hubungan seksual. Seperti gonore, clamidia, herpes dsb.

     

     

    Keluhan yang anda alami termasuk keputihan yang tidak normal. Untuk memastikannya tetap diperlukan pemeriksaan dokter secara langsung.

     

     

    Yang dapat anda lakukan saat ini adalah, menjaga agar darah kewanitaan tidak lembab, sering mengganti pakaian dalam minimal 3 kali sehari, mengganti pantyliner tiap 4 jam, membersihkan daerah kewanitaan dari depan ke belakang (vagina ke arah anus), menghindari penggunaan cairan pembersih kewanitaan terlalu sering, serta memeriksakan diri ke dokter apalia keluhan terasa sangat mengganggu.

     

     

    Demikian, semoga membantu ya

     

    dr. Deasy Larasandi