Tanya Dokter

  • Mengatasi gatal pada penderita cacar air

  •  Lina Lina
    Anggota
    Malam dokter. Saya terkena cacar air dan bentol air seluruh badan dan diberitahukan dokter obat acyclovir. Tapi badan sampai ke malu an saya gatal sekali. Apa boleh minum obat ctm bersama an acyclovir soalnya tidak diresepkan oleh dokter. Terima kasih

    Selamat Pagi Lina,

    Terima kasih atas pertanyaannya.

    Cacar Air merupakan penyakit infeksi virus Varicella zooster dengan gejala munculnya ruam pada kulit berupa bintil berisi air. Ruam ini memang terasa gatal. Sebenarnya cacar air tidak memiliki pengobatan khusus, dan umumnya akan sembuh dengan sendiri. Prinsip pengobatan cacar air adalah meminimalisir penyebaran virus dan meningkatkan daya tahan tubuh. Hindari menggaruk ruam karena dapat meningkatkan risiko infeksi, berisiko menularkan ke orang lain, dan menyisakan bekas luka. Untuk mengurangi rasa gatal, dapat mengoleskan losion kalamin, atau mengonsumsi obat antihistamin seperti CTM.

    Selain itu, perbanyak lah minum air putih, konsumsi makanan kaya nutrisi, perbanyak asupan sayur dan buah, pastikan kuku dalam keadaan pendek dan bersih, jaga kebersihan kulit dengan mandi dua kali sehari menggunakan sabun berbahan dasar ringan (apabila demam, mandilah menggunakan air hangat), kenakan pakaian yang longgar.

    Sekian semoga lekas sembuh.

    dr. Annes