Tanya Dokter

  • Pengaruh konsumsi obat asam traneksamat bersamaan dengan kunyit asam

  • malam dok.... 1minggu yg lalu saya kutet krn pendarahan, setelah kuret msh tetap mens seperti biasa, jum'at kmrn saya kontrol dan kata dokter d rahim msh ada gumpalan2 darah yg blm keluar jadi saya dikash resep untuk konsumsi plasimex... nah apa boleh dok saya minum plasimex juga minum kunyit asam jawa atau kiranti? terimakasih
    Chandra Suitia  dr. Budiono
    Dokter

    Hai Chandra,

    Plasimex merupakan merek dagang obat asam traneksamat yang berfungsi untuk mengatasi perdarahan (antikoagulant) seperti kondisi perdarahan menstruasi yang berat ataupun gangguan pembekuan darah dan dapat digunakan pada kondisi yang dialami oleh Anda (karena masih terdapat perdarahan didalam rahim).

    Sedangkan asam jawa (Tamarindus indica) merupakan obat herbal tradisional yang memiliki berbagai potensi medis. Meskipun bermanfaat, konsumsi asam jawa sebaiknya tidak dilakukan secara berbarengan dengan antikoagulant karena beberapa penelitian menunjukan konsumsi asam jawa dengan obat antikoagulan meningkatkan risiko perdarahan.

    Bila Anda merasa ragu atau merasa khawatir mengenai kondisi Anda maka sebaiknya Anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter yang merawat Anda agar mendapat informasi yang sesuai dengan kondisi Anda dan menghindarkan Anda dari efek samping yang mungkin terjadi.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Budiono