Tanya Dokter

  • Bolehkah ibu hamil bepergian jauh

  • siang dok, saya mau tanya apakah boleh ibu hamil melakukan perjalanan jauh? besok lusa saya mau liburan ke pangandaran menggunakan bis usia kehamilan saya udah masuk 7 bulan apakah boleh saya melakuakan perjalanan nya? by popy

    Hai,   Usia kehamilan trisemester kedua ( usia kehamilan 4-7 bulan= 15 - 28 minggu) dianggap paling baik untuk melakukan perjalanan jauh saat hamil.  Ini dikarenakan usia trisemester kedua dianggap sebagai usia yang aman untuk beraktivitas karena kondisi ibu sudah kuat dalam menghadapi kehamilannya yang belum terlalu besar. Namun jika Anda tetap berencana pergi menggunakan bis saat kehamilan 7 bulan ini maka perhatikan beberapa aturan yang sebaiknya Anda ikuti. Beberapa persiapan khusus yang sebaiknya Anda lakukan saat berjalan jauh dengan transportasi darat adalah :

    1. Periksakan kehamilan Anda ke dokter sebelum berangkat untuk memastikan kesehatan rahim dan bayi Anda dalam melakukan perjalanan.
    2. Hindari bepergian sendiri .
    3. Persiapkan makanan kecil dan minuman dalam tas agar Anda tidak kelaparan.
    4. Pastikan bahwa sirkulasi udara di mobil cukup baik.
    5. Bawa perlengkapan untuk membantu Anda merasa lebih nyaman seperti bantal, selimut dll
    6. Gerak gerakkan kaki Anda setiap 2 jam sekali, akan lebih baik jika Anda bisa berjalan sebentar dan turun dari mobil untuk melancarkan peredaran darah pada kaki Anda.
    7. Bawa vitamin Anda.
    8. Cari referensi dokter kandungan dan RS di tempat tujuan Anda.
    9. Pastikan mencari tempat duduk dekat pengemudi / supir agar Anda bisa menegur supir jika terlalu mengebut.
    Semoga membantu.   dr. Yusi