Tanya Dokter

  • Konsumsi makanan pedas dan cuka pada ibu hamil

  •  JEVA
    Anggota

    Selamat sore dok.

    Pada kesempatan ini saya ingin bertanya, apakah mengkonsumsi makanan yg mengandung CUKA yg cukup banyak akan menyebabkan keguguran bagi org yg tengah hamil muda?

    Dan apakah aman untuk tetap mengkonsumsi makanan pedas?

    FYI, saat ini saya tengah hamil UK 6W. dan teman saya yg juga tengah hamil mengalami keguguran pasca mengkonsumsi asinan buah yg mengandung cuka cukup banyak.

    demikian dari saya, mohon pencerahannya.

    terimakasih.

    JEVA  JEVA
    Anggota

    Dear, Alodokter mohon jawabannya. Terimakasih.

    Halo Jeva....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya bahwa keguguran merupakan keadaan dimana terjadinya kematian bayi dalam kandungan sebelum masuk kepada usia 20 minggu kehamilan. Gejala utama yang sering timbul pada saat seorang wanita hamil mengalami keguguran, yaitu : timbulnya bercak darah atau pendarahan seperti menstruasi dari jalan lahir, timbul sakit pada perut / kram perut, keluarnya semacam jaringan dari vagina. Makan makanan yang pedas dan asam belum terdapat pembuktian medis yang kuat dapat menyebab kan keguguran. Akan tetapi pada prinsipnya === makan makanan yang terlalu berlebihan tidak baik untuk tubuh. Penyebab keguguran yang sudah diketahui di dalam medis diantaranya adalah : USia ibu mengandung sudah tua ( lebih dari 35 tahun ), pengaruh kesehatan sang ibu ( misal : masalah pada plasenta, leher rahim yang lemah, dll. ), Penyakit kronis yang diderita ibu ( misal : gangguan ginjal, penyakit lupus, dll. ), pengaruh infeksi pada kehamilan ( misal : TORCH ), merokok, konsumsi kopi berlebihan, kelebihan atau kekurangan berat badan, dll. Cegah keguguran dengan cara : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, jangan makan terlalu berlebihan salah satu jenis makanan tertentu, STOP MEROKOK, jangan minum alkohol, jangan minum kopi berlebihan, Hindari infeksi pada tubuh, jaga berat badan yang ideal. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : KEGUGURAN Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati

    JEVA  JEVA
    Anggota

    Terimakasih atas pencerahannya dr. Jati. Sukses selalu.