Tanya Dokter

  • Bolehkah ibu hamil mengkonsumsi VCO dan susu kefir ?

  •  ilaiya
    Anggota

    halo dok, saya mau tanya, saya sedang hamil, usia kandungan jalan 4 bulan, bolehkah saya mengkonsumsi VCO dan Susu kefir?

    Jika boleh bagaimana aturan mengkonsumsi nya?

    terima kasih dok atas jawaban nya :)

    Halo ilaiya,

    ibu yang sedang hamil memang perlu untuk memperhatikan dan lebih selektif dalam mengkonsumsi makanan yang beredar di masyarakat, termasuk yang menjanjikan banyak khasiat. Virgin coconut oil pada dasarnya adalah minyak dari kelapa murni yang tidak melalui proses pengolahan dan tambahan zat kimia, dan mengandung jenis rantai asam lemak yang "baik" untuk regulasi kolesterol di dalam tubuh, sehingga sebenarnya memiliki khasiat lebih baik dari minyak goreng biasa. VCO baik dikonsumsi selama kehamilan untuk ibu dan janin, namun tetap tidak boleh berlebihan, cukup 2-3 sendok makan per hari.

    Sedangkan susu kefir, adalah susu yang difermentasi mengandung ragi dan bakteri baik. Namun demikian, belum ada penelitian lanjut mengenai efek susu kefir terhadap ibu hamil, oleh karena itu sebaiknya dihindari selama kehamilan. Susu yang paling baik dikonsumsi selama kehamilan adalah susu yang telah melewati proses pasteurisasi, yakni proses membunuh kuman dalam susu mentah dengan suhu tinggi tanpa merusak kandungan bermanfaat dalam susu. Sesuaikan dengan rasa susu yang anda sukai. Selain itu, tetap konsumsi makanan bergizi secara teratur, lakukan pola hidup sehat, istirahat cukup, dan rutin kontrol kehamilan anda dengan bidan atau dokter.

    Anda dapat membaca artikel terkait: susu kefirmanfaat VCOmakanan sehat untuk ibu hamil, makanan berbahaya saat hamil

    Semoga informasi ini bermanfaat.

    salam,dr. Delvira