Tanya Dokter

  • Bolehkah meminum obat spasminal untuk nyeri haid?

  • Halo dokter,saya tidak biasanya ketika haid merasakan sakit. Biasanya tidak terasa apa atau normal. Dikarenakn saya mundur masa haidnya kok jadi sangat sakit perut saya. Nah, dirumah ada obat spasminal sisa waktu kemarin terkena diare. Bolehkh spasminal digunakan untuk mereda nyeri haid?

    Halo Fikriyah,

    Terimakasih atas pertanyaanya di Alodokter. Obat Spasminal adalah obat yang terdiri dari kombinasi tiga jenis komponen aktif yaitu obat Metampiron, obat Pavaperin dan Ekstrak Belladona. Metampiron bekerja sebagai obat analgetik yang berfungsi untuk menghilangkan nyeri, sedangkan Papaverin dan Ekstrak Belladona bekerja sebagai obat spasmolitik yang secara langsung merelaksasikan otot polos.

    Setelah digunakan secara oral (ditelan), obat ini akan diserap dengan baik dari saluran pencernaan dengan waktu paruh yang berkisar antara 1 jam hingga 4 jam.

    Indikasi Kegunaan obat Spasminal sebagai obat analgetik dan spasmolitik sangat baik pada pengobatan pada berbagai serangan kolik termasuk kolik abdomen, kolik ureter dan juga bisa digunakan pada keadaan nyeri yang ditimbulkan saat haid.

    Apabila nyeri haid Anda tidak tertahankan Anda dapat meminum obat ini dengan terlebih dahulu mengetahui aturan pakai obat ini yang terdapat pada kemasan obat. Namun apabila Anda ragu, alangkah baiknya Anda mengkonsultasikan terlebih dahulu penggunaan obat ini ke dokter.

    Demikian informasi dari saya, semoga bermanfaat.

    salam,

    dr. yuniar