Tanya Dokter

  • Bolehkah kulit kuku disikat setelah kuku dicabut ?

  • Assalamualaikum dok, dok saya mau tanya. Apakah boleh kuku yang habis dicabut boleh dibersihkan menggunakan sikat untuk membersihkan sisa2 kotoran? kuku saya dicabut sekitar 3 minggu yang lalu. Saya ingin membersihkan dari sisa obat betadin dengan cara merendam kaki menggunakan air hangat + dettol antiseptic. tetapi saya ingin menggunakan sikat untuk membersihkannya. Apakah boleh dok? atau selain sikat mungkin ada referensi lain dok?

    Terimakasih...

    Yulia Mukarromah  dr. Adhi Pasha
    Dokter

    Halo Yulia,

    Pencabutan kuku atau ekstraksi kuku dilakukan karena terjadi masalah pada kuku baik karena trauma atau benturan pada kuku, pertumbuhan kuku yang tidak baik ataupun akibat infeksi. Setelah pencabutan kuku, untuk dapat kembali tumbuh sempurna diperlukan waktu beberapa bulan.

    Setelah pencabutan kuku ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti diantaranya adalah perawatan luka, jika sudah beberapa minggu dapat dilakukan perawatan mandiri dirumah. Jika terdapat bekas betadin, Anda dapat membersihkan dengan mengompres luka menggunakan kassa yang sudah dibasahi sebelumnya atau menggunakan larutan saline normal (NaCl 0.9%). Setelah itu dapat digosok dengan lembut menggunakan kassa tersebut, tidak perlu menggunakan sikat karena dikhawatirkan akan menimbulkan iritasi pada kulit.

    Setelah dibersihkan dengan kassa dan air, boleh dilanjutkan dengan cairan antiseptik seperti yang Anda gunakan atau menggunakan sabun chlorhexidine lalu keringkan kembali dan jaga agar tetap bersih dan tidak lembab agar menghindari tumbuhnya bakteri yang dapat menyebabkan iritasi. Perawatan ini dapat dilakukan setiap hari terutama setelah beraktivitas.

    Selalu jaga luka tetap bersih dan kering, jika timbul tanda iritasi dan infeksi seperti luka kemerahan, menimbulkan cairan, darah ataupun menimbulkan rasa nyeri dan demam segera periksakan diri pada dokter untuk dilakukan penanganan.

    Semoga bermanfaat,

    dr. Adhi P.