Tanya Dokter

  • Bolehkah mencabut gigi tanpa bantuan dokter ?

  •  cindyemeralds
    Anggota

    dok, saya wanita 20 tahun.

    saya ingin bertanya masalah mencabut gigi tetap. gigi saya sudah lama berlubang, sempat ditambal, tetapi lepas. suatu ketika, saya tengah makan keripik dan mengunyah pada sebelah kanan, dimana gigi berlubang itu ada. lalu tiba2 saya merasa sakit seperti tertusuk oleh keripik tersebut. setelah saya kumur2, ternyata bagian belakang gigi graham saya yang lubang patah. kondisi sebagian gigi saya yang patah tersebut seperti kondisi gigi susu yang akan copot, dapat goyang bahkan dengan bantuan lidah. pertanyaan saya, apakah saya boleh mencabut gigi itu sendiri tanpa bantuan dokter? terimakasih, mohon bantuannya.

    Halo cindyemeralds, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Gigi tetap memiliki perbedaan dengan gigi susu. Gigi susu memiliki akar yang pendek sehingga sangat mudah lepas dan mencabut gigi susu yang goyang juga dapat dilakukan sendiri. Gigi tetap memiliki akar gigi yang panjang yang terbenam ke dalam tulang rahang atas dan rahang bawah kita sehingga gigi tetap ini lebih kuat daripada gigi susu dan tidak mudah goyang. Bila gigi tetap mengalami kerusakan seperti adanya lubang yang besar pada gigi, gigi ini akan mudah patah di bagian mahkota gigi. Seringkali bila gigi tetap goyang, bagian mahkota gigi ini lah yang akan lepas, namun bagian akar gigi seringkali tertinggal tertanam di dalam gusi dan rahang. Bila akar gigi ini dibiarkan, terutama bila akar gigi ini sudah mengalami kerusakan juga, akar gigi ini bisa menjadi sumber infeksi yang pada akhirnya dapat menyebabkan infeksi pada gusi (gingivitis), infeksi yang menyebar ke tulang dan jaringan lunak di sekitarnya (periodontitis), atau pun masalah yang lebih besar seperti munculnya abses gigi.

    Untuk itu, ada baiknya anda melakukan perawatan gigi terlebih dahulu di dokter gigi. Dokter gigi juga dapat memberikan solusi lain seperti pemasangan gigi palsu untuk mencegah gigi-gigi anda lainnya bergeser menempati tempat gigi yang lepas dan menimbulkan masalah baru berupa maloklusi gigi (gigi atas dan bawah tidak menyatu sempurna saat menggigit). Maloklusi gigi ini dapat menimbulkan berbagai masalah lain pada mulut dan gigi seperti:

    1. gangguan makan
    2. gangguan bicara
    3. nyeri pada gigi dan gusi
    4. gigi atas yang dapat tumbuh lebih jauh dari gigi lainnya
    5. gangguan pada sendi temporomandibular yang akan membuat anda sulit membuka mulut lebar-lebar dan menyebabkan nyeri pada daerah rahang

     

    Oleh karena itu mencabut dan merawat gigi anda di dokter gigi adalah pilihan yang lebih bijaksana.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga cukup menjawab

     

    dr. Irna Cecilia