Tanya Dokter

  • bolehkah minum jamu atau es setelah melakukan KB suntik?

  •  dewi arrandy
    Anggota

    selamat malam dok, saya mau tanya, apa setelah KB suntik diperbolehkan untuk minum jamu atau es? kalo diperbolehkan harus menunggu selang waktu berapa jam? kalo tidak diperbolehkan apa alasannya dok? mohon jawabannya, terimakasih.

    Dear Dewi, KB suntik adalah salah satu metode menunda kehamilan dengan cara menyuntikkan hormon pada lengan atas, paha, atau bokong. KB suntik ini ada yang diberikan setiap satu bulan ada yang tiap tiga bulan. KB suntik ini sebaiknya tidak diberikan pada:

    • ibu menyusui bayi kurang 6 bulan
    • penderita hipertensi
    • penderita kanker payudara, gangguan hati, penyakit jantung
    • wanita yang ingin siklus menstruasinya teratur (untuk KB suntik 3 bulan)
    Minum es diperbolehkan pada pengguna KB suntik karena tidak ada pengaruh apa pun pada sistem hormon kita. Sedangkan untuk jamu, perlu diteliti terlebih dahulu apa kandungan dalam jamu tersebut. Cek juga apakah ada daftar BPOM nya. Hati-hati dengan jamu yang di dalamnya telah diisi dengan zat tambahan seperti steroid. Steroid bisa memberikan efek tubuh bugar untuk sesaat namun jika penggunaannya berlebihan bisa menimbulkan komplikasi jangka panjang pada organ-organ tubuh, seperti katarak, tukak lambung, gangguan ginjal, dsb. Berikut laman yang dapat Anda baca: Kelebihan dan kekurangan KB suntik Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya

    dewi arrandy  dewi arrandy
    Anggota

    terimakasih Dok, penjelasannya sangat bermanfaat.