Tanya Dokter

  • Pengaruh susu hamil terhadap peningkatan berat badan

  •  alvina niha
    Anggota

    Selamat siang dok !

    Dok saya gadis belum menikah, saya pengen menaikkan berat badan tapi susah dok, kemarin saya bertemu dengan teman lama saya, dia juga mempunyai masalah seperti saya susah menaikkan berat badan, tapi ketika saya bertemu dia kemarin berat badannya udah bisa mulai naik dok, katanya dia mengkonsumsi susu buat ibu hamil. 
    apakah susu untuk ibu hamil aman dikonsumsi untuk orang yang tidak hamil?

    terima kasih 

    Hai,

    Susu ibu hamil boleh dikonsumsi oleh orang yang tidak hamil. Susu tersebut dikatakan untuk ibu hamil karena mengandung nutrisi yang dipercaya baik untuk kehamilan, misalnya mengandung lebih tinggi asam folat yang penting untuk pertumbuhan otak janin. Mengonsumsi ibu hamil padahal tidak hamil boleh saja, namun sebetulnya banyak bahan makanan lain yang bisa dikonsumsi jika tujuannya ialah untuk meningkatkan berat badan; hal ini juga sebaiknya sambil mempertimbangkan besar biaya dan manfaat yang diperoleh.

    Berat badan dapat bertambah atau berkurang, biasanya tergantung kadar air, lemak dan otot tubuh. Banyak orang menganggap bahwa komposisi lemak adalah yang utama dalam meningkatkan berat badan, padahal kadar otot juga ikut membentuk berat badan. Karena itu, anjuran terbaiknya selain meningkatkan asupan kalori dalam makanan, juga berolahraga secara rutin. Berat badan juga bisa sulit bertambah apabila terdapat tubuh mengidap penyakit kronis, mis. penyakit tiroid, TBC, HIV dan kanker. Untuk memastikan kondisi kesehatan tubuh, diperlukan pemeriksaan langsung oleh Dokter. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah dan foto Roentgen untuk menunjang diagnosis.

    Baca juga tips meningkatkan berat badan.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Radius Kusuma