Tanya Dokter

  • Bolehkah obat statin dikonsumsi barenga obat anti nyeri

  •  Wie Ayu
    Anggota
    Alo dokter, saya mau bertanya bolehkan untuk obat jenis statin diminum berbarengan dengan obat penahan nyeri seperti merk voltadex?

    Halo Wie......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Statin atau Simvastatin, merupakan salah satu obat penurun kolesterol dalam darah. Kinerja obat ini adalah menghambat enzim pembentuk kolesterol sehingga kadar kolestrol dalam darah berkurang. Efektifnya obat ini akan semakin terlihat jika disertai dengan penerapan gaya hidup yang sehat seperti berolahraga secara teratur dan menjauhi makan Berlemak.

    Penggunaan statin tidak boleh pada : ibu hamil, ibu menyusui, wanita pada usia subur, yang mengonsumsi jus grapefruit, pada beberapa orang yang mengalami kondisi medis tertentu ( seperti : gangguan hati, Ginjal, tiroid, dll. ), yang pernah alergi terhadap obat statin.

    Sedangkan obat voltadex, di mana mengandung diclofenac, merupakan salah satu obat antiinflamasi non - steroid ( OAINS ), yang digunakan untuk meredakan rasa sakit tingkat ringan hingga menengah dan Peradangan. 

    Obat ini berfungsi menghambat produksi prostaglandin, yaitu senyawa yang dilepas oleh tubuh sehingga menyebabkan rasa sakit serta peradangan, dengan menghalangi prostaglandin obat ini akan mengurangi rasa sakit dan Peradangan.

    Obat ini biasanya tidak boleh digunakan oleh : wanita yang sedang merencanakan kehamilan, Wanita hamil dan menyusui, Seseorang yang mempunyai riwayat penyakit medis tertentu ( seperti: penyakit jantung, stroke, tukak lambung, asma, gangguan penggumpalan darah, gangguan hati, gangguan ginjal, dll. ), yang pernah alergi terhadap obat ini.

    Mengonsumsi statin dan diklofenak dapat saja dilakukan berbarengan, akan tetapi jika timbul reaksi yang akhirnya mengganggu aktifitas, seperti : diare, mual, muntah, nyeri ulu hati, sakit perut, perut kembung, maka hentikan penggunaan obat terlebih dahulu dan kunjungi Dokter.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati